Kamis, 31 Desember 2015

Tips-tips penting dalam berinvestasi properti

      Berpenghasilan lewat properti/real estate artinya mencakup segala properti yg mampu memberikan arus kas tetap untuk anda. mulai dari bangunan yg disewakan, rumah yg dikontrakkan, ruko, kompleks perkantoran, sampai shopping center.

Langkah praktis jika anda ingin memulai dalam bidang investasi real estate adalah sebagai berikut, yaitu :



  • Temukan barang yg tepat
Mekanisme berpenghasilan lewat real estate cukup sederhana. beli properti dengan harga murah, renovasi seperlunya, jual atau sewakan dengan harga lebih mahal. kuncinya adalah menemukan properti yg tepat untuk dibeli. contoh properti yg memiliki potensi memberikan keuntungan :


a. Rumah rusak di antara rumah lain yg cukup terawat. rumah seperti ini sangat potensial. pertama, harganya akan lebih murah mengingat keadaannya yg sudah tidak begitu bagus. kedua, rumah tersebut terletak di kompleks yg baik. anda cukup merenovasinya sedikit dan nilainya akan naik. tentu saja, anda perlu memperhitungkan berat tidaknya kerusakan rumah tersebut.

b. Properti yg dijual dengan motivasi tinggi. misalnya, rumah yg disita, rumah yg dijual karena pemiliknya sedang membutuhkan dana, dan sebagainya. properti seperti ini biasanya harganya lebih murah karena pemilik perlu segera menjualnya. anda akan mendapatkan diskon cukup besar apabila membeli properti seperti ini.

c. Properti yang potensial untuk diubah kegunaannya. cobalah meneliti pembangunan di sekitar properti yg anda incar. mungkin saja anda akan mendapatkan keuntungan yg lebih besar apabila anda merombak properti tersebut & menyesuaikannya dengan kebutuhan yg baru karena adanya pembangunan. misalnya, ada pembangunan jalan besar atau jalan utama di dekat perumahan yg hendak anda beli. anda bisa saja mendapatkan keuntungan lebih besar dengan merombak rumah tersebut menjadi pertokoan. nilai jualnya akan menjadi jauh lebih tinggi.


  • Belilah dengan harga serendah mungkin
Jika anda sudah cukup yakin bahwa properti itu layak dan memiliki potensi tinggi, belilah dengan harga serendah mungkin. dengan begitu, keuntungan yg akan anda terima nantinya akan lebih tinggi.



  • Renovasilah rumah itu
Cat ulang, perbaiki atap yg bocor, tambal lubang tembok, bersihkan dan rapikan halaman rumahnya. anda dapat meminta kontraktor atau tukang untuk melakukannya secara profesional. anda dapat mmperbaikinya sendiri untuk menghemat ongkos. bisa saja pada awalnya anda meminta bantuan orang yg lebih ahli sambil ikut belajar, lain kali anda dapat melakukannya sendiri.



  • Jual atau sewakan dengan harga lebih tinggi
Dengan sedikit polesan, properti yg anda beli akan naik nilainya. anda dapat menjual atau menyewakannya dengan harga lebih tinggi. tentu dengan memperhitungkan biaya renovasi, pajak, serta keuntungan yg ingin anda dapatkan.


Jika anda ingin menyewakan, pastikan uang sewa itu minimal bisa menutup cicilan pembelian besaerta biaya perawatan properti tersebut. jika tidak, terpaksa anda harus mengeluarkan uang pribadi untuk menutup kerugiannya.


  • Kembali ke awal
Jika anda sudah berhasil dengan properti pertama dan ingin menekuni real estate/properti secara serius, ulangi lagi prosesnya dari awal. carilah properti lain yg berpotensi menguntungkan anda. seiring berjalannya waktu, penghasilan anda akan semakin meningkat & anda juga akan menjadi semakin ahli sehingga mampu mengurus beberapa unit properti sekaligus.


Singkatnya, untuk berhasil di bisnis real estate/properti, anda perlu menemukan barang yg tepat, membeli dengan harga murah, memperbaiki seperlunya, dan kemudian menjual atau menyewakan dengan harga yg lebih tinggi.


Sumber  :  Buku " Smart With Your Money "

Karya     :  Inggrid Tan








Tidak ada komentar:

Posting Komentar