Jumat, 01 Januari 2016

Langkah pasti memulai bisnis

      Banyak orang yg ingin berbisnis, namun ketika serius berpikir tentang keinginan tersebut ia kembali mengurungkan niatnya. pasalnya, sering muncul kebingungan di benak mereka. misalnya, bingung akan memulai bisnis apa, atau bingung ingin memulai bisnis darimana. ahmad khoerussalim ikhs, pendidik sekaligus seorang praktisi di bidang kewirausahaan menyebut kebiasaan banyak orang tersebut sebagai blocking mental. artinya, seseorang mengalami ketakutan untuk memulai, khawatir untuk memulai, serta sulit untuk memulai. menurut salim, kondisi itu bisa terjadi karena seseorang tidak bisa menerima perubahan ( challenge ).

Lantas apa yg dilakukan untuk mengatasi hambatan memulai bisnis seperti kasus di atas ? jika anda salah seorang yg menjalani pengalaman serupa, semoga tips-tips dari salim berikut ini bisa membantu.

Sebagai sebuah kebiasaan buruk, blocking mental menurut salim harus disingkirkan. caranya tidak lain adalah dengan mengubah mindset ( pola pikir ) yg selama ini tercipta di kepala. " jangan berpikir tergantung pada orang lain " . tapi berpikirlah " bagaimana mengusahakan sesuatu yang bisa membantu orang lain " . ujar salim.

Kebingungan sebelum memulai usaha menurutnya biasa muncul karena seseorang tidak memiliki wawasan yg terbuka tentang berbagai hal di dunia bisnis. untuk itu, ada baiknya bagi mereka yg ingin berbisnis lebih mengembangkan pengetahuan di berbagai bidang. jadi, jangan harap seseorang yg malas untuk menggali informasi dan pengetahuan di berbagai bidang di dunia bisnis bisa dengan cepat melangkahkan kaki memulai bisnis. karena itu, perluaslah cakrawala pengetahuan anda sebelum memulai bisnis apapun.

Satu lagi pesan bagi yang akan memulai bisnis. berbisnis janganlah bertujuan mencari pendapatan tetap. melainkan, buatlah tujuan tetap berpendapatan. pengaruhnya akan cukup besar. tidak percaya, seorang karyawan atau pekerja memang bisa memperoleh pendapatan rutin setiap bulannya. tapi bagi pengusaha, bisa berpeluang lebih dari itu. seorang pengusaha/pebisnis bisa tetap berpendapatan setiap hari. kata salim menutup pembicaraan.


Sumber  :  Buku " Rahasia sukses memulai bisnis dari nol "

Karya     :  Bambang Sunarno  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar