Senin, 16 Maret 2020

Rahasia sukses bisnis Bob Sadino : Tidak pernah pelit berbagi ilmu

   Tempat Kerja, Tim, Pertemuan Bisnis   Semakin banyak kita memberi, kian banyak pula kita akan menerima. konsep ini sekarang sudah menyebar ke seantero negeri melalui berbagai media, terutama buku. memberi dalam arti memberikan apa pun kepada orang lain. apalagi memberi dalam bentuk materi, uang atau harta benda. atau memberikan pertolongan dalam bentuk tenaga, bisa juga memberikan semangat, inspirasi atau motivasi, dan tentu saja menyebarkan ilmu kepada orang lain. semua akan berdampak sama. semua yang di berikan akan kembali kepada si pemberi dalam jumlah yg lebih besar.


Ternyata Om Bob sudah menerapkan konsep itu sejak lama. dalam berbagai hal, Om Bob tidak pernah pelit kepada orang lain. buat sebagian pengusaha mungkin akan sayang kalau ilmu bisnisnya disebarkan kepada orang lain. " Nanti rahasia ilmu bisnis saya diketahui banyak orang dong " , begitu pola pikir mereka. nah, kalau rahasia ilmu bisnisnya sudah diketahui orang lain, terus membangun bisnis yg sama, mungkin bisa membuat bisnisnya tersaingi.

Tapi Om Bob tidak berpikir demikian. dia justru menyebarkan seluruh ilmu bisnisnya kepada orang lain. misalnya, Ilmu Peternakan ayam, dia bagi-bagikan kepada para peternak. makin banyak justru makin baik buat dia. lalu Ilmu bercocok tanam juga disebarkannya kepada ribuan petani. semua Ilmunya tidak dinikmati sendiri, tapi dibagikan kepada banyak orang.

" Kalau saya membagi ilmu kepada orang lain, kemudian orang lain itu lebih pintar dari kita, wah itu sangat bagus. kita pun jadi lebih terpacu untuk menjadi lebih pintar lagi ... " , Kata Bob sadino menjelaskan.

Maka bagi anda yg ingin mendapat banyak Ilmu Peternakan, perkebunan, sayuran, atau daging olahan, datang sajalah ke tempat Om Bob Sadino. dia akan melayani setiap orang dengan bersungguh-sungguh ingin mengetahui ilmunya. tapi dia akan tahu apakah anda serius atau tidak dalam mempelajari ilmu darinya. sejumlah orang sudah merasakan, bagaimana mendapat aliran ilmu dari yg berlimpah dari Bob Sadino. dia akan terus mengalirkan ilmunya, meski harus menghadapi anda selama sehari semalam.

Aliran ilmu Om Bob tidak berhenti sampai di situ saja. banyak pihak yg mengundangnya sebagai pembicara, dan Om Bob selalu bersedia memenuhi undangan tersebut, asal waktunya cocok. dia tidak pernah mempermasalahkan berapa bayaran atau honor seperti yg diterapkan sejumlah pembicara lainnya. maka jangan heran jika sampai usianya yg sudah mencapai 70 tahunan, Om Bob Sadino tetap aktif menjadi pembicara dimana-mana di seluruh wilayah Indonesia. dia memgang teguh prinsip ' Jangan pelit membagi ilmu ' .



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar