Rabu, 26 Februari 2020

Pesan penting pengusaha Bob Sadino : Jangan memfotokopi saya

   Laki-Laki, Karyawan, Perapi Celana   Bob Sadino mau membuka seluruh kisah hidupnya untuk kemanfaatan orang banyak. " Saya rela badan ini dibedah dan dipelajari banyak orang " , katanya. tapi Om Bob sama sekali tidak mau orang lain meniru bahkan menjplak kisah hidupnya. dia menilai kebanyakan orang ingin sukses instan dengan seenaknya menjiplak orang lain yg dianggapnya sukses. padahal itu keliru dan tidak mungkin.

" Saya tidak mau anda menjadi Bob Sadino. saya mau anda menjadi diri anda sendiri, dan harus melebihi Bob Sadino " , Kata Om Bob tegas.

Lagi-lagi ini semua karena belenggu yang sangat kuat mencengkram kebanyakan orang di Indonesia, yang sudah ada sejak kecil.


" Ketika anda meniru jejak saya, maka anda tidak lebih dari mesin fotokopi. hina sekali anda jadi mesin fotokopinya Bob Sadino. kalau ada orang bertanya pada saya, saya bilang, " Ya, jalankan saja " . alami saja pengalaman yg anda alami. saya tidak mau dia mengalami pengalaman yg saya alami karena bukannya tidak mungkin pengalaman saya selama ini hanya pengalaman yg pahit. masa saya hanya membagi pengalaman pahit saja ? , Ujar Om Bob menjelaskan.

Banyak orang yg cenderung mau enaknya saja, dengan bertanya pada Bob Sadino, bagaimana cara mendapatkan peluang ? sebagai pengusaha / pebisnis yg handal, Om Bob pasti tahu bagaimana cari peluang atau bahkan menciptakan peluang itu. tapi jika anda beranggapan Om Bob mau menjawab pertanyaan itu seperti harapan anda, bersiaplah untuk kecewa.

" Bagi saya, apa pun bisa menjadi peluang. orang seperti saya melihat peluang tidak ada batasnya. batasnya langit, tidak ada batasnya. tergantung pada anda, semua bisa jadi peluang. jadi mungkin ada sejuta bahkan semiliar peluang itu. batasnya adalah langit, itulah peluang bagi saya " , Kata Om Bob menjelaskan lebih jauh.

Berulang kali, Bob Sadino meminta orang lain tidak meniru jejak langkahnya apalagi sampai memfotokopinya. Om Bob sangat sebal terhadap orang yg tidak mau berproses untuk mencapai suatu kesuksesan. padahal hidup ini adalah proses. keberhasilan itu hanyalah setitik kecil di puncak proses yg dipenuhi kegagalan & kesalahan.

" Orang-orang banyak yg bertanya, apa kunci sukses itu ? memangnya sukses hanya sebuah kunci ? sesederhana itu saja ? apa yg saya harus katakan pada mereka ? karena saya bukan pendidik, saya pun bukan seorang ahli manajemen. bagaimana saya bisa memberi tahu orang lain ? 35 tahun, macam-macam pengalamannya. saya tidak bisa menceritakan apa-apa karena saya tidak mau mereka menjadi saya. mereka tidak tahu kepahitan hidup yg harus saya telan. kalau saya beri nasehat ke mereka , maka saya bilang ' telanlah saja kepahitan itu ' ! " , Kata Om Bob menjelaskan.

Itulah Bob Sadino. cara berpikirnya unik. butuh frekuensi yg sama untuk bisa memahami cara berpikirnya. tentu saja dengan berpikir juga. cerna saja, lalu pahamilah.

Simaklah baik-baik dari kalimat inspiratif Om Bob berikut ini :

" Saya ini seperti gitar tua yg tergeletak di atas meja. apakah gitar tua itu bisa mengalunkan irama lagu yg merdu atau tidak, tergantung siapa yg memetiknya ... " , Ujar Om Bob mengakhiri .




Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar