Jumat, 07 Februari 2020

Rahasia bisnis pengusaha Bob Sadino : Berbisnis cari rugi

     Tidak ada seorang pun di dunia ini yang menjalankan bisnis dengan tujuan mencari rugi. kecuali Om Bob Sadino.

" Kepada siapa pun saya menyatakan ini, mereka pasti tidak percaya. tidak masuk diakal. omong kosong katanya. masa iya berbisnis cari rugi ? " Kata Om Bob.

Memang iya juga sih, dari zaman Yunani dan Romawi kuno, sejak masa Raja Fir'aun atau zaman kuda gigit besi, semua orang berbisnis pasti untuk mencari keuntungan / profit. tidak mungkin mencari kerugian. bahkan kerugian itu harus dihindari.


" Kenapa orang-orang menolak pendapat saya itu ? jawabannya hanya satu, kebanyakan orang itu sudah terbelenggu oleh pikirannya sendiri. dia dibelenggu dengan begitu kuat sehingga pola pikirnya dalam zona nyaman & linear " . Kata Om Bob.

Contoh sederhana, di depan anda ada sebuah gelas penuh berisi air, kemudian air itu diteguk setengahnya. pertanyaannya, apakah gelas itu setengah isi atau setengah kosong ? 

Tidak usah berpikir lama untuk menjawabnya. anda mungkin akan menjawab setengah isi. sebagian lagi akan menjawab setengah kosong. tapi, akan ada orang yg menjawab setengah isi dan setengah kosong. benar, ketiga jenis jawaban tersebut. faktanya, gelas itu memang setengah isi atau setengah kosong.

Sekarang, coba anda jawab pertanyaan ini :

" Orang berbisnis mencari apa ? " 

Jawaban anda pasti sebagian besar, " Mencari untung / profit " .

Pertanyaan selanjutnya, " Apakah orang berbisnis selalu untung ? "

Jawaban anda pasti, " Tidak, terkadang rugi " .

Kembali ke gelas tadi. jawabannya bisa setengah isi atau setengah kosong. kalau begitu, ketika berbisnis pun boleh dong orang mencari untung atau mencari rugi. maknanya kan sama dengan gelas tadi, setengah isi atau setengah kosong. bisnis pun juga bisa untung bisa rugi. tidak selamanya bisnis itu untung dan tidak selamanya rugi. Kata Om Bob Sadino.

" Jadi, kenapa anda bilang kalau saya berbisnis mencari rugi tidak masuk akal ? bukankah meskipun saya mencari rugi, tidak selamanya akan rugi ? Goblok anda. Kata Om Bob.

Jika dipikir secara lebih matang, ungkapan Om Bob ' berbisnis cari rugi ' mungkin menjadi masuk akal. walaupun, buat sebagian orang tetap saja pendapat itu hanya untuk menunjukkan ' sisi nyentrik ' dari Bob Sadino. dia selalu berbeda dari kebanyakan orang. tapi justru pemikiran & pendapat berbeda itu, Om Bob mampu menunjukkan kepada semua orang, bahwa hidup ini seharusnya dijalani secara bebas, dan tanpa tekanan. termasuk memilih menjadi berbeda.

Jadi, Mulailah berbisnis dengan mencari rugi ... !



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar