Minggu, 23 Februari 2020

Rahasia bisnis Bob Sadino : Keluarga adalah segalanya

      Bagaimana sih kehidupan keluarga seorang Bob Sadino ? banyak orang penasaran dengan kehidupan pribadi seorang Bob Sadino. apakah sama saja seperti yg terlihat dari luar, cuek, ceplas-ceplos ? atau sebaliknya malah serius dan galak dihadapan keluarganya ? wajar banyak orang yg bertanya demikian, karena sosok Om Bob sudah menjadi favorit mereka, sehingga gerak-gerik Om Bob menjadi perhatian dan kalau perlu akan dijadikan contoh.

Dia ternyata sangat mendambakan keluarga yg harmonis, antara suami istri dan anak-anaknya.

" Harmonis itu, bagaimana hubungan terutama dengan istri dulu ya ... kemudian anak-anak, itu merupakan hubungan segitiga. ketika anda tidak menyenangi istri anda sendiri, dampaknya akan ke anak. kalau anda tidak senang dengan anak mungkin dampaknya akan ke istri atau suami, jadi dampaknya ganda " , Ujar Om Bob menjelaskan.


Bob Sadino menjaga betul hubungan baiknya dengan istri dan anak-anak. dia sadar, dampak hubungan segitiga suami-istri dan anak-anak akan berpengaruh ke semua bidang, termasuk urusan bisnis. tapi jangan harap Om Bob mendiskusikan masalah bisnis dengan keluarganya. buat dia, hubungan dengan keluarga adalah hubungan yg tidak harus direcoki dengan urusan bisnis.

" Waktu makan dapat dirasakan bahwa ini semua adalah rahmat sang pencipta. kemudian kita berkumpul lengkap, ada bapak, ibu, dan anak-anak. di situ juga setelah kita makan, kita bersyukur mendapat rejeki itu. dan berkumpul dengan anak dan istri, itu yg saya rasakan kenikmatannya " , Kata Om Bob sambil tersenyum.

Yang namanya keluarga pasti tidak akan selalu mulus jalannya. tidak jarang ada pertentangan atau pertengkaran baik antara suami dengan istri dan anak-anak. tapi sikap Om Bob terhadap keluarganya sangat demokratis, karena dia tidak pernah memaksakan kehendaknya. berbeda pendapat adalah biasa dan semua orang harus paham dengan akibat dari pendiriannya. itulah cara Om Bob mendidik anak-anaknya.

Bulan Juli 2007, genap sudah 40 tahun Bob Sadino mengarungi hidup bersama istrinya, Soelami Soejoed. Tentu saja masa waktu 40 tahun bukan waktu yg sebentar untuk mengetahui karakter masing-masing. maka, jika sekarang anda tanya bagaimana hubungan mereka, jawaban yg keluar tentu berbeda dengan jawaban pasangan yg baru belasan tahun berkeluarga.

" Sedikit filosofi, awal-awalnya manusia, umur-umur anda itu berpikirnya katakanlah tebal sekali dipakai logika. dalam arti kata yg ini benar dan ini salah. ini hitam, itu putih. tajam sekali perbedaan itu. jadi nanti lama-lama kalau anda sudah ada umur, ah ... gak salah-salah amat, yang salah juga bisa benar juga, yang benar juga bisa jadi salah. ketika anda lebih banyak pakai logika, nanti pada saat suatu umur berbeda, anda sudah masuk daerah wisdom. yang hitam itu gak hitam-hitam amat. bisa anda jadikan kelabu, bisa anda jadikan putih juga. itu yg dikatakan orang bijaksana atau wisdom " , Kata Om Bob menjelaskan.

Dengan kebijaksanaan itu, Om Bob dan istrinya mampu mengarungi keluarga sampai 40 tahun. lagi pula buat Om Bob, istri bukan hanya pasangan hidup keluarga, tapi lebih dari itu. peran mereka dalam dunia bisnis sangat terasa. bahkan pada saat awal membangun bisnis, sang istrilah yg menyokong mati-matian perjuangannya. tanpa dukungan istrinya, mungkin tidak ada yg namanya perusahaan Kem Chick , Kem Food, atau Kem Farm.

" Saya tanpa istri, ibarat seonggok sampah di atas meja. I'm like a shit on the table ... itulah gambaran saya tanpa istri " , Ujar Om Bob tersenyum.

Seorang pengusaha Bob Sadino saja menganggap dirinya tidak berarti apa-apa tanpa istrinya, tanpa keluarganya.

Bagaimana dengan diri kita ? 



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar