Sabtu, 08 Februari 2020

Rahasia bisnis pengusaha Bob Sadino : Konsumen adalah paspor menuju sukses

   Startup, Pengusaha, Kewiraswastaan   Sudah menjadi konsensus semua orang bahwa konsumen adalah raja. Bob Sadino pun mengakui pendapat itu. walaupun, buat dia, konsumen bukan hanya sekedar raja. lalu apa ?

" Customer is my passport to success " , begitu kata Om Bob Sadino. " konsumen itu adalah segala-galanya, karena tanpa mereka saya tidak ada apa-apanya ".

Memang demikianlah cara Bob Sadino memaknai konsumen. maka jangan heran apabila dia begitu menghormati para konsumennya. dalam semua aspek bisnisnya, konsumen selalu menjadi pasokan utama.


Misalnya, untuk urusan kualitas produk, dia mengakui tidak tahu apa itu kualitas. buat Om Bob hanya ada satu cara agar dagangannya laku yaitu memberikan produk sesuai dengan keinginan konsumen.

" Titik. saya tidak tahu apa itu kualitas " . Ujar Bob Sadino.

Om Bob menganggap sebagian besar pengusaha terlalu pusing memikirkan kualitas tapi pada prakteknya justru tidak peduli dengan keinginan konsumen. padahal, sebaik apapun kualitas produk yg ditawarkan, akan jadi sia-sia jika tidak sesuai dengan harapan dari konsumen.

Contoh lainnya, ketika Om Bob memulai ekspor produk pertanian ke negara Jepang. dia pun tidak mengerti tentang kualitas produknya, padahal yg dilihat orang lain sangat prima. anda juga pasti mengerti bagaimana ketatnya persyaratan produk pangan masuk ke Jepang. banyak yang ditolak. mungkin bukan ketat, tapi super ketat. padahal Om Bob Sadino mengaku, semua yg dilakukannya hanya untuk memenuhi standar yg disyaratkan Importir di negara Jepang itu.

" Apa yang mereka minta dan mereka syaratkan maka saya penuhi. kok gitu aja dipikirin. " Ujar Om Bob santai.

Jadi salah satu tolak ukur semua bisnis seorang Bob Sadino adalah terletak pada konsumen. bagaimana membuat mereka puas & percaya terhadap produk yg ditawarkannya. kalau sudah puas dan percaya, maka konsumen akan jadi Loyalis, seperti para pelanggan Kem Chick. kepercayaan dan kepuasan bisa dibentuk dari berbagai macam hal, mulai dari produknya itu sendiri sampai pelayanannya. dulu, Om Bob Sadino sering nongkrong di Kem Chick hanya sekedar untuk menyapa para pelanggannya.

Tapi, meski Konsumen adalah paspornya menuju sukses, bukan berarti konsumen itu bisa berbuat seenaknya. jika konsumen keliru, Om Bob tidak akan menghiraukan mereka. pernah suatu ketika, ada konsumen asal Amerika yg meremehkan produk-produk pertanian di Kem Chick & tidak percaya pada kualitas hasil budi daya di Indonesia, konsumen itu langsung diusir. bukan oleh Om Bob sendiri, tapi oleh Mami Soelami, Istri Om Bob Sadino.

" Konsumen adalah raja, tapi konsumen tidak bisa berbuat seenaknya dong ... " Ujar Om Bob Sadino. " Yang lebih penting, bagaimana agar raja tersebut tunduk terhadap produk bisnis yg kita tawarkan ... " Kata Bob Sadino memberi inspirasi pelajaran .



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar