Senin, 17 Februari 2020

Rahasia sukses bisnis Bob Sadino : Modal Intangible jauh lebih penting

      Kalau mendengar kata modal, apa yang ada di benak anda ? saya yakin, anda pasti sedang memikirkan uang. ya, modal memang sering kali dianggap sama dengan uang. modal= uang. tanpa uang maka tidak ada modal. ketika beberapa orang menyebut faktor lain sebagai modal, sebagian lainnya akan bisa membantah atau mencibir. modal tetap saja harus uang. untuk membuat apapun butuh uang. " There ain't no such thing as a free lunch " , begitu kata orang Amerika.


Tapi apakah memang benar modal sama dengan uang. tanyakan kepada Om Bob Sadino dan pertahankan pendapat anda bahwa modal = uang. siap-siaplah untuk mendapat semburan kata yg berkonotasi sangat kasar di telinga anda , ' Goblok Kamu ' . Om Bob menyebut seseorang ' Goblok ' karena terlalu sempit memandang arti modal. di Mata Om Bob, modal utama seorang pengusaha / pebisnis itu bukan uang.

" Banyak sekali orang yg menerjemahkan modal dengan uang atau benda-benda lainnya. sebetulnya dari pengalaman saya, modal Intangible ( tidak terlihat ) itulah yg menjadi modal awal yg nantinya diikuti oleh modal Tangible ( Terlihat ) " Kata Om Bob lebih jauh .

Apa sajakah modal Intangible seorang pengusaha itu ? ada 5 hal utama, yaitu :

1. Kemauan / keinginan menjadi seorang pengusaha / pebisnis. untuk hidup mandiri, butuh niat & kemauan menjadi pengusaha . dia tidak terpaksa, tapi sukarela karena kemauannya. tanpa kemauan, modal uang anda yg setumpuk tidak akan berarti apa-apa.

2. Komitmen yg kuat. ini sangat penting bagi seorang pengusaha / pebisnis. komitmen kuat untuk menjadi pengusaha. dia tidak akan goyah oleh apapun, karena punya komitmen kuat.

3. Berani ambil peluang. sebenarnya, peluang di muka bumi ini terserak sangat banyak , bahkan terlalu banyak dan masih ada yg belum tersentuh siapapun. tinggal anda berani atau tidak ambil peluang tersebut. sering kali seseorang ragu untuk ambil peluang. padahal, untuk menjadi seorang pengusaha / pebisnis sukses harus berani ambil peluang secepatnya. urusan lain belakangan.

4. Sikap tahan banting & tidak cengeng. seorang pengusaha sejati haruslah memiliki modal Intangible yaitu sikap tahan banting & tidak cengeng saat menjalankan bisnisnya. seorang pengusaha sejati akan mengalami sejuta kali kegagalan dan tantangan. kegagalan dalam bisnis adalah bagian resiko yg dihadapi. jika tidak bisa hadapi semua itu, jangan jadi pengusaha / pebisnis.

5. Modal utama Intangible terakhir yg harus dimiliki seorang pengusaha adalah selalu bersyukur kepada tuhan. ini penting untuk membentuk sikap mental yg sempurna. karena semua hal yg didapat semua manusia di muka bumi ini, tidak lepas dari campur tangan tuhan. yakinlah hal itu.

Kemampuan tidak terlihat ( Intangible ) sebagai modal utama menjadi pengusaha / pebisnis tidak bisa dibeli karena harus melekat pada diri anda sendiri. you cannot buy the skill or attitude. sedangkan uang, bisa dicari setelah modal utama tidak terlihat itu melekat dalam diri anda. sudah banyak pengusaha yg memulai bisnisnya hanya dengan modal seadanya ( modal dengkul ), modal konsep, dan lain-lain. mereka sukses menjalaninya, karena punya modal tidak terlihat ( Intangible ) yang kuat.



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar