Jumat, 07 Februari 2020

Rahasia bisnis pengusaha Bob Sadino : Manfaatkan orang lain

   Pengusaha, Startup, Start-Up, Pria   Banyak orang yang melihat Om Bob Sadino sebagai orang aneh & unik. bahkan banyak yang berujar, " terserah dialah mau ngomong apa. wong dia sudah terbukti berhasil kok ... " . pernyataan pasrah yg menunjukkan orang yg kalah sebelum bertanding. seharusnya, mereka bertanya, " Kok bisa Om Bob Sadino berbuat demikian ? " .

Jika orang-orang mau membaca dan bertanya tentang Bob Sadino, maka ribuan makna akan mengalir dari dalam dirinya, yang mungkin belum ditemukan sebelumnya. beruntung jika anda sudah mendapat sebagiannya. misalnya, alasan kenapa dia tidak punya banyak tujuan, tidak punya banyak rencana,tidak pernah berharap, dan lain sebagainya. pemikiran-pemikiran itu sangat " out of the box " , tidak terpikirkan oleh orang lain.


" Orang lain lupa siapa saya ... " itu pendapat Om Bob Sadino, ketika sejumlah pengusaha mengulik pendapat-pendapatnya dalam menjalani kehidupan & bisnis. seharusnya, orang mengetahui dengan pasti, bahwa Om Bob Sadino adalah seorang pengusaha / pebisnis. sebagai pebisnis, Om Bob justru menggunakan ilmu Manajemen sebagai seni bukan sekedar ilmu dan memanfaatkannya lebih daripada yg dilakukan orang lain.

" Banyak orang lupa makna utama dari Ilmu Manajemen " Kata Om Bob Sadino. Manajemen itu adalah memanfaatkan kemampuan orang lain untuk mencapai sesuatu. saya menggunakan itu ... Ujar Om Bob Sadino.

Jangan heran bila Om Bob tidak punya banyak tujuan, karena yg punya banyak tujuan adalah para anak buahnya yg menjalankan perusahaannya, Kem Chick, Kem Food, dan Kem Farm.

Tidak perlu terkejut jika Om Bob tidak punya banyak rencana, karena yg memilikinya adalah para anak buahnya di perusahaan. " percuma punya banyak rencana, wong yg menentukannya adalah tuhan " , Kata Bob Sadino. kata dia juga, orang-orang yg punya banyak rencana matang adalah korban Ilmu Manajemen.

Ketika Om Bob berbisnis telur ayam, banyak orang mengira dia punya peternakan yg luas dengan ribuan ekor ayam. saat mengekspor ribuan ton sayuran ke Jepang, orang-orang mengira Om Bob punya perkebunan luas tempat sayuran dibudidayakan. semua anggapan itu keliru. sampai saat ini, Om Bob Sadino tidak punya peternakan atau perkebunan luas.

" Ketika orang-orang ramai beternak ayam, saya justru membeli freezer sebagai tempat penampungan daging ayam. itu tidak dipikirkan orang lain. karena mereka ikut-ikutan beternak ayam" Kata Om Bob.

Freezer digunakannya sebagai tempat penyimpanan dan menampung daging ayam hasil para petenak. daging yg disimpan di freezer bisa tahan lama & lebih berkualitas, sehingga bisa dijual dengan harga lebih tinggi. lalu Om Bob mengajarkannya pada para peternak, bagaimana cara beternak ayam yg baik. hasilnya tentu saja daging ayam yg lebih berkualitas, sehingga nilai jualnya jadi lebih tinggi.

Kemudian, saat orang-orang ramai berkebun dan menanam sayuran, Om Bob Sadino justru menyiapkan tempat penampungan & pengolahan sayuran berteknologi tinggi. ilmu bercocok tanam, dia bagikan pada petani. hasil panen petani dibelinya, lalu diolah & diekspor ke Jepang. dia tidak perlu punya lahan pertanian luas untuk mengekspor sayuran ke Jepang. cukup berkolaborasi dengan para petani. sebuah strategi dagang yg simpel, tapi tidak terpikirkan oleh banyak orang.

Seperti itulah gaya Manajemen ala Om Bob Sadino ...



Sumber :  Buku " Belajar Goblok ala Bob Sadino "

Karya    :  Dodi Mawardi










Tidak ada komentar:

Posting Komentar