Kamis, 30 Januari 2020

Pelajaran bisnis pengusaha Bob Sadino : Inspirasi dari seekor Ayam

      Setelah nyaris putus asa karena taksinya rusak akibat kecelakaan, Bob Sadino mendapatkan bantuan dari seorang sahabatnya, berupa 50 Ekor Ayam Broiler dari Negara Belanda. saat itu, di Indonesia, belum ada ayam broiler, sehingga Om Bob Sadinolah orang pertama yg memelihara Ayam Broiler.

Apakah Bob Sadino punya kemampuan memelihara ayam ? tentu saja tidak. tapi itu bukan masalah karena kebanyakan orang juga memelihara Ayam tanpa harus tahu banyak tentang ayam. meskipun Om Bob kemudian giat mempelajari ilmu tentang beternak Ayam. lagi-lagi ilmunya didatangkan langsung dari negara Belanda, berupa majalah-majalah khusus peternakan. kemampuan berbahasa Belanda yg fasih memudahkan Bob Sadino mempelajari ilmu perayaman ini.


Dalam waktu relatif singkat, Om Bob menjelma menjadi seorang pakar tentang Ayam Broiler. bahkan, IPB beberapa kali mengundangnya untuk berceramah tentang Ayam Broiler.

" Mereka sampai terkaget-kaget melihat saya menjelaskan secara detail tentang Ayam, saya terlihat hebat sekali waktu itu " Kata Om Bob bangga. " padahal saya bukan orang kuliahan, saya hanya belajar dari majalah-majalah peternakan itu. tapi majalah saya dibuat minggu lalu, sedangkan orang kuliahan baca buku yg sudah dibuat 5 atau 10 tahun yg lalu. bedalah "  ... Ujar Om Bob Sadino.

Ayam memberikan pelajaran berharga untuk menjalani hidup. ketika pertama kali memelihara ayam, Om Bob berpikir " Ayam yg hanya diberi paruh dan kaki saja, bisa hidup dan mencari makan sendiri ... kenapa manusia tidak ? " dari situlah motivasi Om Bob Sadino bertambah berlipat-lipat, sehingga dia lebih serius dalam memelihara Ayam. sampai dia akhirnya menjajakan produk telurnya keliling wilayah Kemang dan dikenal sebagai ' Bandar Telur ' .

Diawali dengan ayam pula, Om Bob terus mencari ilmu melalui majalah-majalah terbitan belanda, yang berisi segala macam hal yg berkaitan dengan peternakan & perkebunan. isinya memang luar biasa karena banyak hal yg belum ada di Indonesia. Om Bob Sadino menjadi pihak pertama di Indonesia yg mengetahui berbagai temuan baru ilmuwan mancanegara di bidang peternakan & perkebunan.

Dan hasilnya ... , anda tentu sering mendengar bahwa Om Bob lah yg kali pertama memperkenalkan pertama kali telur ayam negeri ( layer ) dan daging ayam negeri ( broiler ). dia juga yg mempopulerkan berbagai jenis sayuran segar jenis baru seperti brokoli, paprika, dan jagung manis. begitu pula dengan teknologi tanaman Hidroponik, bercocok tanam tanpa tanah, dan lain-lainnya. semua itu berkat ilmu yg diperolehnya secara autodidak tanpa melalui bangku kuliah. ilmu dari ayam, telur, dan sayur-sayuran ...



Sumber  : Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     : Dodi Mawardi 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar