Senin, 27 Januari 2020

Jawaban cerdas Bob Sadino kenapa tidak mau berpartner

      Saat ini banyak pakar & pengusaha / pebisnis yang menyarankan kepada masyarakat umum, agar berkolaborasi dengan pihak lain dalam berbisnis. kolaborasi atau berpartner sangat menguntungkan karena kedua belah pihak akan saling memberi dan menutupi kekurangan masing-masing. banyak contoh sukses mereka yg berkolaborasi dan berpartner dalam mengarungi bisnis.

Tapi Om Bob Sadino berpandangan sebaliknya. dia tidak mau berkolaborasi atau berpartner dalam membangun bisnis. baginya, partnership hanya akan membuat sengsara.


" Kalau kita membangun perusahaan bersama dengan orang lain, saya jamin suatu saat akan pecah " kata Bob Sadino santai.

Meski tidak mau menjelaskan secara rinci, Om Bob Sadino pernah berpartner dengan orang lain dalam membangun bisnis dan berujung buruk. mereka pecah kongsi.

" Maka saya berkeyakinan, berkolaborasi atau berpartner itu tidak baik. cukup sekali pengalaman itu & saya tidak mau mengulanginya lagi " Kata Bob Sadino tegas.

Maka setelah peristiwa pecah kongsi itu, Om Bob Sadino memutuskan berbisnis sendirian. membangun perusahaan sendiri dan meminta bantuan karyawan atau anak buah untuk mendukungnya. dia tidak mau bekerja sama secara selevel dengan orang lain. untuk suplai hasil pertanian misalnya, dia ( Bob Sadino ) bekerja sama dengan para petani. tapi jelas levelnya bukan setara dengan orang yg berkongsi membangun suatu perusahaan. para petani itu hanya menyediakan produk & Om Bob Sadino membelinya secara putus.

Beberapa hal yang diyakini Om Bob Sadino bila berpartner dengan orang lain, yaitu :

1. Hubungan yang sebelumnya baik bisa berubah buruk akibat urusan bisnis tersebut.

2. Setiap kerja sama selevel dalam membangun sebuah perusahaan, pasti akan berakhir bubar. entah dalam waktu singkat atau lama.

3. Biasanya akan memancing sifat serakah dari salah satu pihak atau malah kedua belah pihak. contohnya, rebutan saham perusahaan, keuntungan bisnis, dan lainnya.

4. Sering timbul prasangka buruk di kedua belah pihak. yang satu menganggap sudah bekerja max. dan menganggap pihak lain setengah-setengah. sebaliknya, pihak lain pun akan beranggapan sama.

Apakah anda sepakat dengan Om Bob Sadino ? tentu saja anda bebas untuk berbeda pendapat.



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar