Sabtu, 04 Januari 2020

Mengungkap Strategi Bisnis Orang Etnis Cina / Tionghoa

   Hong Kong, Cityscape, Bangunan, Air   Apabila Prinsip adalah nilai-nilai yg mendasari seseorang dalam bertindak, maka langkah strategi adalah penjelasan tahapan yg di lakukan seseorang dalam mencapai tujuannya. strategi atau taktik, berhubungan erat dengan prinsip. jika prinsip yg di bangun sudah kuat, maka strategi yg dijalankan akan kuat juga. sehingga akan lebih mudah mencapai tujuan & hasil.

Adapun langkah-langkah strategi bisnis para pengusaha / pebisnis etnis cina / tinghoa yg mereka terapkan dalam kehidupan keseharian adalah berikut ini, yaitu :



  • Mengumpulkan informasi dan mau belajar
Orang-orang etnis cina / tionghoa adalah golongan yg percaya bahwa keahlian atau bidang apapun bisa dipelajari. walaupun ada orang yg bisa mempelajari bidang itu dengan cepat dan ada yg butuh waktu cukup lama. mereka golongan masyarakat yg percaya bahwa bakat itu tidak ada, yang ada adalah usaha max. dan keyakinan yg kuat.

Dalam berbisnis, orang-orang etnis cina / tionghoa juga memiliki keyakinan serupa. jika tidak paham, mereka akan belajar dari ahlinya. biasanya, sebelum terjun ke suatu bidang bisnis, mereka akan mengumpulkan informasi terlebih dahulu, dari teman, kerabat keluarga, bahkan dari orang-orang yg tidak mereka kenal. mereka akan membuka mata & telinga lebar-lebar, kemudian akan menyerap semua informasi itu, dari awal sampai akhir, sampai mereka mengerti bidang bisnis itu secara keseluruhan.

Contoh paling spektakuler adalah kesuksesan perusahaan PT. HM. Sampoerna, pendirinya Lim Seeng Tee, yang awalnya seorang pekerja / karyawan sebuah pabrik rokok di Lamongan, Jawa Timur, sebagai peracik tembakau.

  • Orientasi pada pelanggan / customer
Tidak bisa di sangkal bahwa untuk menjadi pedagang yg sukses atau business man handal untuk selalu menghargai pelanggan. pelanggan adalah suatu alasan bisnis bisa bertahan. sebab, jika tidak ada pelanggan, maka tidak akan berjalan suatu bisnis, dan tidak ada keuntungan / profit.

Kepercayaan pelanggan / customer adalah suatu jaminan kesuksesan bisnis. bila pelanggan yakin bahwa barang / jasa yg mereka gunakan benar-benar memuaskan dan berkualitas, di sertai dengan kejujuran dan pelayanan yg baik, maka bisnis apapun pasti akan berjalan dengan lancar. jadi, untuk aktivitas bisnis apapun, para pengusaha / pebisnis etnis cina / tinghoa akan selalu memperhatikan selera dan keinginan para pelanggannya.

  • Memberikan Reward dan memperkuat Customer Engagement
Orang turunan cina / tinghoa yg terkenal hemat sekalipun akan mau berkorban & memberikan banyak dana untuk menciptakan loyalitas pelanggan. ada kalanya, seorang pebisnis memang perlu memberikan hadiah khusus kepada para pelanggannya. hadiah kecil yg diberikan dengan tulus akan menciptakan rasa di hargai bagi pelanggan / customer.

Pemberian hadiah berupa potongan diskon pada pelanggan / customer, atau pun hadiah gratis seperti sebotol sirup atau parfum yg disertai ucapan terima kasih yg tulus akan sangat berkesan di hati pelanggan. 

  • Bekerja Max. minimal 18 jam sehari
Para pengusaha / pebisnis etnis cina / tionghoa percaya bahwa kerja max. adalah salah satu kunci kesuksesan bisnis. bagi mereka, sudah budaya kerja pergi pagi, pulang malam. selain itu, mereka juga cukup konsisten dengan tidak mengubah jadwal pelayanan, dan juga konsisten menekuni suatu bidang bisnis sampai berhasil.

  • Tempat Usaha / Bisnis harus mudah diakses oleh pelanggan
Orang turunan cina / tionghoa percaya faktor lokasi bisnis juga turut mempengaruhi kesuksesan bisnis. biasanya, mereka membuka bisnis di lokasi-lokasi strategis, seperti di pinggir jalan besar, di mall / department store, di pusat-pusat kota / daerah, dll. mereka juga menyiapkan lahan parkir untuk para pelanggannya, agar para pembelinya lebih mudah diatur.

  • Tidak hanya mengikuti pola pikir sendiri
Para pengusaha / pebisnis etnis cina / tionghoa cukup pintar membaca selera, keinginan, dan minat customer / pelanggan. mereka tidak hanya fokus pada produk bisnis, tapi juga berusaha melihat dari sisi konsumen. 

Misalnya, Jika nasi goreng adalah kesukaan orang etnis cina / tionghoa tapi konsumen menyukai masakan bubur, maka mereka akan memilih hidangan bubur untuk memenuhi selera konsumen. untuk itu, mereka akan belajar cara membuat hidangan bubur yg enak.

  • Citra bisnis dibentuk oleh pelayanan
Para pengusaha / pebisnis etnis cina / tiongkok percaya konsumen bisa dipuaskan dengan produk bisnis & pelayanan yg baik. salah satu caranya adalah, dengan memberikan pelayanan yg ramah & sebisa mungkin memenuhi selera kebutuhan dari customer / calon pembeli. dan karena itu, biasanya para pengusaha etnis cina pantang untuk kehabisan stok barang dan sangat memperhatikan inventory control. contohnya, jika kita ke toko / kios pengusaha etnis cina / tionghoa, sangat jarang mereka sampai kehabisan stok barang.

  • Lebih suka mempekerjakan keluarga
Secara ingsting, sebagai dampak dari sulit percayanya pada orang lain yg belum di kenal, para pengusaha etnis cina lebih suka menggaji dan mempekerjakan orang-orang yg sudah mereka kenal daripada orang asing yg belum dikenal. orang etnis cina / tionghoa salah satu kesuksesan bisnis mereka adalah kemampuan mendelegasikan pekerjaan mereka. syarat utama pendelegasian itu adalah karyawan itu haruslah bisa dipercaya. karena itu, tidaklah aneh jika kita melihat orang-orang etnis cina / tinghoa juga turut memperkerjakan keluarga & kerabatnya untuk membantu usaha / bisnis orang tuanya. 

  • Melakukan Diversifikasi ( penganeka ragaman ) bisnis
Para pengusaha etnis cina / tionghoa tidak mudah puas jika hanya punya 1 bidang usaha. biasanya, mereka akan selalu melakukan perluasan bisnis, salah satu caranya adalah perluasan produk bisnis. mereka percaya, dengan melakukan perluasan produk, bisnis mereka akan semakin berkembang pesat.

  • Kemampuan memasarkan ( Marketing )
Pada umumnya, kemampuan memasarkan orang-orang etnis cina / tionghoa di tunjang oleh kemampuan mereka dalam menyediakan produk secepat & seefektif mungkin. serta dengan kualitas & pelayanan yg baik. jejaring bisnis diantara mereka memang ditujukan untuk hal itu, yaitu dengan memungkinkan distribusi produk lebih efektif & lebih cepat dari pihak lain.

Karena kemampuan memasarkan produk dengan baik, maka para konsumen mereka akan menyampaikan informasi kecepatan layanan perusahaan mereka pada orang lainnya secara mulut ke mulut ( word of mouth ). sehingga, produk pemasaran mereka akan selalu terdepan di pasaran.



Sumber  :  Buku " Rahasia sukses ala Tiongkok, India, dan Arab "

Karya     :  Emsan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar