Sabtu, 15 Februari 2020

Rahasia sukses bisnis Bob Sadino : Ngapain kerja keras ?

   Kantor, Startup, Bisnis, Pengusaha   Para pakar, pengusaha, dan konsultan sepakat bahwa dalam hidup ini kita harus bekerja keras untuk mencapai sesuatu. ketika sebagian orang membantah pernyataan itu, kemudian para pakar menambahkan kata " kerja cerdas " juga, jangan hanya bekerja keras. tapi, buat pengusaha Om Bob Sadino semua pernyataan itu omong kosong. kenapa dia berpendapat seperti itu ?


Buat pengusaha Bob Sadino, tidak ada kata kerja keras atau kerja cerdas. yang ada adalah lakukan saja pekerjaan itu lalu nikmati. jika seseorang sudah menikmati suatu pekerjaan, maka tidak ada kata kerja keras atau kerja cerdas. yang ada adalah menikmati pekerjaannya. kalau sudah begitu tidak ada lagi kata capek atau malas dan sejenisnya. karena orang itu sudah menikmati kerjanya. enjoy saja ! .

Menikmati pekerjaan berbeda dengan malas. kalau malas, artinya tidak mau mengerjakan sesuatu. tapi kerja keras kesannya terlalu ekstrem karena seolah-olah harus banting tulang dan penuh dengan tekanan. padahal seorang pengusaha / pebisnis tidak boleh mendapat tekanan dalam beraktivitas. bagaimana cara dia supaya tidak mendapat tekanan ? jawabannya hanya satu, nikmati saja pekerjaannya. nikmati saja tiap proses kerja yg anda lakukan dalam satu tarikan nafas. kalau belum bisa menikmati bidang tertentu, maka ganti saja dengan bidang lain yg bisa anda nikmati.

Bob Sadino sangat menikmati perannya sebagai pengusaha sayuran, daging, dan telur. dia menikmati bercocok tanam dan bercengkrama dengan petani. dia juga menikmati melayani para pelanggan bulenya di perusahaan Kem Chick. maka jangan heran kalau Om Bob tetap setia dengan bidangnya dan tidak ikut-ikutan membuka bisnis selain sayuran, daging, telur, dan lainnya. padahal, ajakan untuk membuka bidang bisnis lain sudah deras mengalir sejak dulu.

Contoh kongkret lain yg ditunjukkan Om Bob dalam bisnisnya. mungkin kalau orang lain menilainya dengan bekerja keras. tapi tidak dengan Om Bob. karena dia melakukannya dengan rasa sepenuh hati. misalnya, ketika ia berjualan telur di kawasan kemang, Jakarta Selatan. hampir tiap hari selama berbulan-bulan, Om Bob dan istrinya berkeliling kemang menawarkan produk telur ayam negerinya di wilayah itu. tapi, dia lebih sering ditolak daripada diterima. lebih banyak gagal daripada berhasil. namun berkat " Kerja sepenuh hati " yg dilakukannya, akhirnya telur ayam negerinya ( Layer ) menjadi pilihan utama konsumen.

Kemudian, Om Bob juga butuh waktu 5 tahun untuk meyakinkan para pelanggannya untuk menggunakan produk daging ayam Broiler. berkali-kali dia meyakinkan pedagang tukang sate, berkali-kali juga ia ditolak. tapi, Om Bob tidak pernah putus asa. selama 5 tahun ia merayu pedagang tukang sate itu, sampai akhirnya ia berhasil. apa namanya itu jika bukan berkerja keras ? tapi, sekali lagi, bagi Om Bob itu semua adalah kenikmatan, bukannya Kerja keras.



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar