Minggu, 16 Februari 2020

Rahasia sukses bisnis Bob Sadino : Rencana sama dengan bencana

   Toko, Persekutuan, Kerjasama, Pengusaha   Orang pintar dengan sangat cerdasnya membuat rencana. katanya, rencana ini zero mistakes. tapi bodohnya, orang pintar itu tetap menyiapkan rencana cadangan. bukan hanya satu melainkan dua atau tiga yg biasa disebut plan B, atau contingensy plan. rencana itu buat orang yg belajar manajemen. menurut mereka rencana itu linear dari A, B, C, D, sampai Z. sedangkan dalam hidup atau bisnis, jalannya berkelok-kelok, tidak ada yg lurus dan beraturan.

Sayangnya, rencana itulah yg diajarkan di sekolah. padahal dalam pandangan Om Bob rencana adalah racun. jadi, menurutnya sekolah yg mengajari membuat rencana matang itu meracuni otak anda.


" Makanya saya tidak pernah punya rencana. tapi kepada siapa pun saya ngomong ini, mereka malah tidak percaya. malah banyak yg melongo, bagaimana mungkin ? bagaimana mungkin Om Bob punya rumah megah tanpa rencana ? bagaimana bisa Om Bob tanpa rencana bisa memiliki mobil mewah sekelas Jaguar ? lho, kenapa tidak mungkin ? saya memilih itu dan buktinya saya bisa. hanya orang bodoh yg bikin rencana matang, persiapan lama, terus pake rencana cadangan lagi. kalau sudah punya rencana matang, ngapain punya rencana cadangan ? Ujar Om Bob Sadino santai, seperti biasa.

Biasanya, orang yg membuat rencana matang, maka pelaksanaannya akan tertunda lama. apalagi jika harus menyiapkan rencana cadangan B atau C. waktu yg tersita akan lebih lama lagi. dia akan kalah cepat oleh orang lain yg lebih dulu melakukan tanpa perencanaan macam-macam. Lakukan saja ! .

" Buat apa punya rencana utama kalau masih mungkin berubah. nggak habis pikir saya " Ujar Om Bob santai.

" Lagi pula, menurutnya dalam hidup ini semua sudah terencana dengan baik. siapa yg merencanakan ? tuhan yg maha esa. dialah sang master planner. anda juga sudah pasti kenal dengan ungkapan, ' manusia merencanakan, tuhan yg menentukan ' " Kata Om Bob menjelaskan lebih jauh.

" Jadi buat apa punya rencana yg menurut saya paling hebat & bagus, padahal tuhanlah yg paling hebat dan menentukan segalanya. saya sih ikut saja dengan semua perencanaan tuhan, ngapain repot-repot punya rencana. He is My master planner " Kata Om Bob sambil tersenyum.

Rencana itu Linear 

Lagi pula dalam pandangan Om Bob, hidup ini berjalan dengan penuh misteri & susah ditebak. banyak orang keliru menjalani hidup secara linear. setelah A beralih ke B, lalu beralih ke C. habis C kemudian D atau balik lagi ke A. begitu terus sampai dia mati. itu linear persis seperti rencana. tapi hidup ini tidak seperti itu. setelah A mungkin saja melompat ke S atau langsung ke Z. kenapa tidak ? tuhan pun sudah menunjukkan jalan kepada manusia untuk berpikir lateral, karena banyak rencana dan harapan manusia yg tidak sama dengan rencana tuhan.

Kalau anda naik pesawat terbang, coba anda pilih duduk di dekat jendela dan sekali-kali lihat ke bawah. coba lihat sungai !

" Nanti jawab pertanyaan saya, apakah anda melihat sungai yg lurus alirannya dari hulu sampai ke hilir ? pasti tidak ada. itulah hidup. dia berkelok-kelok, putar sana putar sini, tidak ada yg lurus. tapi sungai pasti sampai juga pada muaranya. tuhan sudah menunjukkan, seperti itulah jalan hidup manusia. lateral bukan linear. Kata Om Bob menjelaskan.

" Saya yakin, orang yg berpikir Lateral tidak membutuhkan rencana yg rumit. dia akan berjalan, segera melakukan, dan mencapai hasil yg di luar dugaan banyak orang. saya berproses aja, jualan telur lalu dapat hasil keuntungan. saya beternak ayam lalu dapat hasil. saya perkenalkan Hidroponik dan saya dapat hasilnya. ini yg sering dilupakan oleh orang pinter. akibat dari proses itu, bisa positif bisa negatif. who cares ? buat saya, rencana justru sama dengan bencana. karena rencana itu akan membuat seseorang lambat bertindak, dan membikin orang punya banyak harapan yg tidak bisa diwujudkan ...  " , Kata Om Bob menjelaskan.



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi












Tidak ada komentar:

Posting Komentar