Rabu, 12 Februari 2020

Pandangan Bisnis Bob Sadino : Bisnis bisa gerakkan ekonomi

      Bob Sadino sangat terinspirasi dengan pendapat seorang pakar ekonomi Prof. Didik J. Rachbini. menurut Didik, salah satu jalan untuk memperbaiki ekonomi bangsa adalah dengan memperbanyak jumlah pebisnis. " Saya sangat setuju dengan pendapat tersebut, karena makin banyak jumlah pebisnis, maka akan makin baik kondisi ekonomi kita " Ujar Om Bob.


Tapi ternyata jalan menuju kesana tidak mudah. meski kian hari makin banyak orang yg tertarik untuk menekuni dunia bisnis. dalam beberapa tahun terakhir, tumbuh berbagai kelompok wirausahawan yg rajin membuat seminar, workshop, simposium, atau pelatihan kewirausahaan. meski belum tentu berhasil menggugah kesadaran masyarakat luas, ternyata berbagai kelompok kewirausahaan itu tidak pernah putus asa, malah makin bersemangat.

Om Bob Sadino sudah ikut serta dalam mengampanyekan semangat wirausaha, bahkan jauh sebelum euforia kewirausahaan muncul. dengan gaya khasnya, Om Bob mengajak semua orang yg mau kaya dan jadi pebisnis saat itu juga tanpa harus menunda-nunda. misalnya, ketika ke kampus, tanpa sungkan-sungkan Om Bob mengajak mahasiswa disana untuk berhenti kuliah. " Saya tahu tidak semua orang mau kaya & mau jadi pebisnis. tapi bagi anda yg mau jadi pebisnis / entrepreneur, segera tinggalkan bangku sekolah sekarang juga " Ujar Om Bob.

Ajakan Om Bob itu memang mendapat sambutan hangat dari masyarakat. tapi sambutan itu hanya di bibir saja. karena kenyataannya, justru tidak terlalu banyak mahasiswa yg segera melompat ke kuadran pebisnis / entrepreneurship. bahkan pengelola kampus memberikan penolakan cukup kuat terhadap ajakan Om Bob itu.

Padahal para pengelola kampus pun sepakat kondisi perekonomian akan jadi lebih baik apabila jumlah pebisnis bertambah. tapi mereka mau pebisnis yg lahir mesti menyelesaikan pendidikan kuliahnya lebih dulu. padahal, sistem pendidikan tinggi di negeri ini justru akan membuat mahasiswa kian tidak berani untuk jadi wirausaha / pebisnis. mereka akan makin terbelenggu & hanya mau menjadi pekerja / karyawan.



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar