Senin, 17 Februari 2020

Rahasia sukses bisnis Bob Sadino : Mau berhasil ? cari kegagalan sebanyak-banyaknya

      Membaca judul bagian ini, mungkin kening anda berkerut. kok bisa, mencari keberhasilan tapi malah kegagalan yang dikejar ? itulah memang yg sebenarnya. ungkapan Om Bob tentang mencari rugi dalam bisnis, semakin jelas kebenarannya. penjelasannya pun semakin jelas.

" Buat saya, kalau anda mau berhasil ya carilah kegagalan sebanyak-banyaknya. karena sukses itu adalah sebuah titik di puncak segunung kegagalan " Kata Om Bob tersenyum.

Kebanyakan orang justru menghindari kegagalan. sekolah mengajarkan, agar muridnya menjauhi kegagalan. hukum ekonomi pun menyebutkan, risiko sekecil-kecilnya untuk dapat keuntungan sebesar-besarnya. padahal semakin banyak kegagalan, justru membuat kemungkinan untuk berhasil kian besar. tanpa kegagalan tidak akan mungkin ada keberhasilan.


" Saya tidak mau seperti sekolah. saya justru memilih risiko sebesar-besarnya. karena makin besar suatu resiko maka akan semakin besar hasilnya. ngapain saya mencari resiko yg kecil ? sayanglah ... " Ujar Om Bob Sadino menjelaskan lebih jauh.

Seorang rekan mengeluh tentang ketidakberhasilannya menjalankan sesuatu. buat dia, hasil semacam itu sangat mengecewakan & menghambatnya mencapai tujuan. apalagi tidak jarang, akibat kegagalan itu mentalnya pun ikut berpengaruh. menjadi ragu-ragu dalam mengambil langkah. jangan-jangan nanti akan gagal lagi. tapi di mata Om Bob, ketidakberhasilannya itu adalah suatu anugrah.

" It's beautiful buat saya. setelah kegagalan itu, jangan baca depannya, tapi baca belakangnya. why ? why ? dan why. kenapa saya gagal ? saya kira ini adalah suatu anugrah. makanya, dalam memandang sesuatu harus positif lah. ini omongan orang gak sekolah lho. karena nggak sekolah, sebegitu mudahnya buat saya. kalau saya sekolah saya masuk kampus, pasti saya juga akan sama seperti anda. harus begini dan begitu. sama seperti orang silat belajar banyak jurus. ketika berhadapan dengan musuh, dia mikir mau pakai jurus apa ? seperseribu detik mikir, sudah putus lehernya " Kata Om Bob sambil tersenyum.

Buat Om Bob kian banyak suatu kegagalan, akan semakin banyak pertanyaan yg muncul darinya kenapa saya gagal ? . tentu semakin banyak ia bertanya, maka akan semakin banyak juga jawabannya. ingat, setelah gagal harus terus melangkah & jangan pernah berhenti. cari penyebab kegagalan itu. karena itulah Om Bob senang jika ia gagal, karena ia akan dapat semakin banyak Input ( masukan ).

" Kesimpulan saya adalah, kalau mau sukses carilah kegagalan, cari kesedihan, dan carilah air mata itu. success is a dot on the top of tears " Ujar Om Bob mengakhiri.



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi








Tidak ada komentar:

Posting Komentar