Selasa, 18 Februari 2020

Rahasia sukses bisnis Bob Sadino : Mendidik anak ? biarkan saja

      Dalam mendidik anak, Om Bob membiarkan saja keinginan anak-anaknya mau jadi apa. dia mau sekolah boleh tidak sekolah juga tidak apa-apa. Bob Sadino tidak pernah mengarahkan anaknya untuk menjadi begini dan begitu. biarkan saja ! tapi karena teman-temannya bersekolah, maka anak-anak Om Bob pun juga ikut bersekolah seperti yg lainnya.

" Saya tidak pernah membimbing anak untuk menjadi apa pun. buat saya, anak punya dunianya sendiri dan dia boleh memilihnya dengan bebas. saya tidak punya hak sedikit pun untuk mengusik dunianya. yang saya lakukan adalah hanya menyediakan apa yg mereka inginkan. mau sekolah tinggi ? saya carikan sekolah paling bagus. mau makan enak ? saya sediakan makanan yg paling enak.


Anak-anak Om Bob beruntung karena punya orang tua cukup kaya. dulu orangtua Om Bob tidak kaya.

" Maka sekarang yg saya katakan pada anak-anak, silakan saja kalian berbuat sesuka hati, tapi nanti kalau saya sudah mati, rasain luh ! . saya tidak punya keinginan sedikit pun menjadikan anak sebagai penerus bisnis saya. biarkan saja mereka mereka memilih. " Kata Om Bob.

Anak pertama Om Bob melanjutkan kuliah di jurusan perhotelan. Om Bob mencarikan kampus paling top di bidang hotel di negara Swiss. anaknya belajar banyak disana, bahkan berlebih. seharusnya selesai dalam 3 atau 4 tahun. tapi dia melar lebih lama.

" Saya marah ? tidak ! . saya biarkan dia memilihnya sendiri dan merasakan akibatnya sendiri. dia memang terlambat lulus. tapi kalau kita tanya tentang Eropa dia tahu sampai ke pelosok-pelosoknya. teman-teman dia pun juga tersebar di seluruh Eropa. dia mendapatkan dampak dari lamanya kuliah di Eropa. saya biarkan saja " Kata Om Bob menjelaskan.

Sepulangnya dari negara Eropa apakah Om Bob meminta anaknya ikut bisnis ? tidak. pengusaha nyentrik ini membiarkan anaknya memilihnya sendiri. eh ternyata, sang anak maunya malah menjadi pedagang pecel lele di pinggir jalan. teman-teman Om Bob pun bilang, " Gila tuh si Bob masa anaknya disuruh jualan pecel lele " kata mereka.

" Saya senyum saja, karena saya  tidak pernah menyuruh apa-apa, itu pilihannya sendiri. buat saya tidak masalah, seorang lulusan kampus perhotelan terbaik di Swiss menjadi pedagang pecel lele. so what gitu lho ? " , Kata Om Bob santai.

Terus, Bagaimana dengan di rumah ? seperti apakah Om Bob mendidik anak-anaknya ?

" Dirumah juga saya tidak pernah membicarakan bisnis dengan anak-anak saya. saya memberikan kasih sayang pada mereka dan mereka pun sebaliknya. kami saling mendukung, tapi tidak saling memaksakan kehendak. kami bebas untuk berbeda pendapat. anak saya yg kedua pun juga sama seperti kakaknya. dia berjalan sesuai kehendaknya sendiri. saya hanya mendukung & membiarkannya ... " Kata Om Bob mengakhiri.



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino " 

Karya     :  Dodi Mawardi






Tidak ada komentar:

Posting Komentar