Selasa, 11 Februari 2020

Rahasia sukses bisnis pengusaha Bob Sadino : Street Smart lebih hebat daripada pintar sekolahan

      Orang pintar sangat banyak. bertebaran dimana-mana, apalagi yg sudah bertitel S1, S2, sampai S3. tapi terkait dengan entrepreneurship, orang-orang sekolahan itu nyaris tidak ada yg berkoar atau menunjukkan tajinya. coba saja tengok orang-orang terkaya di dunia ! . adakah yg memulainya dengan bekal gelar ? tidak ada bukan. kalaupun ada, hanya segelintir orang saja. sebaliknya, mereka yg sukses banyak yg mangkir dari sekolahan. lihat juga orang-orang terkaya di Indonesia ! . bisa disebutkan siapa yg bergelar tinggi ? malah banyak diantara mereka yg hanya tamatan SMP atau SMA. yang hanya lulusan SD juga tidak sedikit. 

Jadi, untuk urusan wirausaha / bisnis, siapa yg lebih hebat ? orang sekolahan atau orang jalanan ? lalu kenapa mereka yg mulai di jalanan bisa lebih hebat dibanding mereka yg memulainya dari sekolahan ? calon pengusaha pemula memang menghadapi begitu banyak dilema saat hendak memulai usahanya. kalau dia batalkan keinginannya untuk jadi pengusaha karena takut risiko, takut pada berbagai kemungkinan buruk, tentu ia tidak akan pernah jadi pengusaha atau tidak akan paham seluk beluk seputar dunia usaha. tetapi, jika ia nekat terus jadi pengusaha, juga tidak ada jaminan akan berhasil.


" Tembakan meleset " biasa dalam usaha / bisnis. tapi gagal dalam arti kehabisan peluru, kehilangan sumber penghasilan, menanggung utang atau kehilangan pekerjaan, pasti berbeda efeknya. jadi, bagaimana bisa berkelit dalam menghadapi kondisi sulit seperti ini ? ada sekian banyak jawaban, ada sekian banyak alternatif, dan ada sekian banyak opsi.

Jawaban yg paling pas ketika menghadapi berbagai masalah / kendala adalah pintar jalanan ( Street Smart ). sebuah kondisi kecerdasan yg berkebalikan dengan pintar sekolahan.

" Karena orang sekolahan diajari tahu, sedangkan orang jalanan belajar bisa. tentu saja, orang yg bisa akan berada beberapa langkah di depan orang yg hanya tahu " . Ujar Om Bob Sadino.

Lebih parah lagi, karena orang sekolahan biasanya hanya tahu & belum tentu mengerti, sehingga dalam melangkah lebih banyak ragu-ragunya. takut begini takut begitu, karena terlalu banyak rambu aturan, harus begini harus begitu, dan lainnya. Kata Bob Sadino menjelaskan.

Street Smart termasuk modal intangible yg luar biasa peranannya. pintar jalanan hanya mengajarkan satu hal saja, Lakukan saja ! .

Tidak ada teori atau pikiran negatif. orang yg pintar di jalanan berani melawan ketakutan yg biasanya membisikkan teror kata kata seperti " bagaimana nanti kalau gagal ? " atau " jangan-jangan nanti rugi ? " dan lain sebagainya.

Om Bob Sadino memulai segalanya dari jalanan, bukan dari sekolahan. dia memulai usahanya mulai dari berjualan telur dari rumah ke rumah, lalu daging ayam broiler, kemudian produk sayur-sayuran dan buah-buahan. dia tidak menghadapi masalah dengan senjata teori, melainkan dengan praktek, praktek, dan praktek. bisa karena biasa ...

Gambaran kata-kata Bob Sadino ini sungguh tepat menggambarkan kecerdasan Smart Street ( pintar jalanan ) :

" Cukup satu langkah awal. ada kerikil saya singkirkan, melangkah lagi. bertemu duri saya cabut. melangkah lagi. terhalang lubang saya lompati. melangkah lagi. bertemu api saya mundur dulu lalu lompati. melangkah lagi. berjalan terus dan mengatasi masalah sampai selesai " . 



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi










Tidak ada komentar:

Posting Komentar