Jumat, 21 Februari 2020

Rahasia sukses bisnis Bob Sadino : Memilih tidak punya tujuan

      Pendirian Bob Sadino memang berbeda dibanding kebanyakan orang. tidak heran apabila dia kerap disebut sebagai unik atau aneh, nyentrik, atau nyeleneh. tapi jenis orang unik atau aneh yg berhasil dalam hidupnya. itulah yg menarik. nyentrik atau aneh tapi berhasil.

Keunikan Bob Sadino seperti mengalir dalam seluruh tubuhnya, bagaikan darah dalam uratnya. hampir seluruh pemikiran, ucapan, dan tindak-tanduknya unik, dan tidak sama dengan mayoritas orang. tapi dia bukan orang gila, karena keunikan Om Bob Sadino masuk akal bagi orang yg mau berpikir lebih dalam.


" Saya tidak punya tujuan " , Kata Om Bob tegas, ketika seorang wartawan bertanya.

Wartawan itu kaget mendengar perkataan Om Bob Sadino.

" Masa Om Bob tidak punya tujuan ? " , Kata sang wartawan terkejut.

" Lho, Saya memilih untuk tidak punya tujuan, kenapa anda keberatan ? " Kata Om Bob santai.

" Tidak masuk akal Om kalau ada orang yg tidak punya tujuan " , Kata wartawan itu.

" Kenapa tidak masuk akal ? buktinya saya bisa, hidup tanpa tujuan " , Kata Om Bob tersenyum.

Sang wartawan menjadi serba salah, karena pertanyaannya mendapat jawaban di luar dugaan. berbagai daftar pertanyaan yg sedang disusunnya, amburadul semua ! . jawaban-jawaban Om Bob tidak sesuai dengan yg dipelajari oleh sang wartawan. salah satunya hidup tanpa tujuan tadi.

Penolakan sang wartawan terhadap pendapat Bob Sadino bisa dikategorikan sebagai salah satu belenggu dalam hidup. belenggu semacam ini biasanya berasal dari Ilmu Manajemen. kata Ilmu Manajemen, setiap orang atau organisasi harus menentukan sebuah tujuan sebelum melangkah & bertindak.

" Saya bilang itu nonsense " , ujar Om Bob.

" Kenapa kita harus dibelenggu oleh tujuan itu ? kenapa seseorang harus dibatasi oleh tujuan ? lanjut Om Bob santai.

Menurut Om Bob, dengan adanya tujuan, maka seseorang hanya tertuju pada 1 titik yg namanya point tujuan itu. dia tidak akan berusaha melampaui titik tujuan itu. padahal, potensi setiap orang sangat mungkin bisa melampaui titik tujuan itu tadi.

" Jadi, sayang dong kemampuan saya, jika harus dipaku oleh tujuan " . Kata Om Bob.

Maka, Bob Sadino memilih tidak punya tujuan, karena dia yakin bisa mencapai apa pun melebihi tujuan banyak orang. sejak memulai bisnisnya puluhan tahun silam, Bob Sadino menentukan tidak pernah menentukan tujuan untuk mendapat ini atau itu, atau mencapai ini dan itu.

" Lakukan saja sesuai dengan keinginan pasar. Titik. " Ujar Bob Sadino tegas.

Maka dengan prinsipnya itu, perusahaan Kem Chick bisa berkembang pesat, dan juga Kem Food serta Kem Farm pun demikian. dan ini sangat penting, perusahaan Bob Sadino itu bisa berkembang pesat menghadapi perubahan zaman termasuk menghadapi krisis ekonomi yang berat. salah satu faktornya, semua berjalan sesuai dengan kemauan pasar. Om Bob selalu bisa memenuhi syarat apapun, yang diajukan konsumennya.

" Kalau saya dulu punya tujuan hendak menjadikan perusahaan Kem Chick seperti sekarang, saya mungkin orang gila , kata Om Bob. " masa Om Bob yg memulai usaha dagang telur keliling punya tujaun bisnis sebesar sekarang ? punya rumah megah, punya mobil jaguar sampai dua. orang gila itu ... " Timpal Om Bob santai.

Tujuan mungkin bisa disejajarkan dengan impian, meski tidak sama persis. Om Bob pun tidak punya impian apa-apa dalam hidupnya. " Jalani sajalah ... " , Ujar Om Bob simpel.

" Kalau anda tekun melakukan dan terus melakukan, pasti akan ada hasilnya " , Kata Om Bob menjelaskan.

" Itulah bedanya saya yang goblok, dengan anda yg pinter. saya tidak pernah membiarkan diri ditekan dengan tujuan. saya bergerak bebas, tapi sering juga berlawanan. liar, kalau bahasa anda. oleh karena saya tidak ada beban, semua langkah menjadi terasa ringan. sedangkan anda, demikian terstruktur, terpola, terseragam, dan kaku. pengalaman saya mengatakan, anda tidak akan menjadi kaya. bahkan sampai anda mati ... " , Kata Om Bob menjelaskan lebih jauh.

Masih tidak masuk akal perkataan Om Bob ? kalau begitu anda sudah terbelenggu dengan sangat luar biasa ...



Sumber  :  Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     :  Dodi Mawardi












Tidak ada komentar:

Posting Komentar