Senin, 26 Oktober 2015

Langkah Awal Memulai Bisnis Sendiri

      Membangun bisnis sendiri merupakan dambaan banyak orang, terutama bagi mereka yg sudah bosan sebagai orang gajian dengan predikat pegawai atau dengan sebutan lain yaitu buruh. nah, bagi anda yg berencana membuat atau membangun bisnis sendiri, berikut ini adalah beberapa langkah awal yg harus dijalani sebagai tahapan prosesnya, yaitu :



  • Penelitian Pasar ( Market Research ). ini adalah merupakan tahap awal dan yg pokok dalam memulai membangun bisnis. anda harus melakukan penelitian di pasar untuk menentukan siapa konsumen, mana yg menjadi sasaran utama, di mana dapat diraih pelanggan, apa dan bagaimana promosi dapat dilakukan, dll-nya.
  • Memilih rekan kerja yg tepat ( Best Partner ). ini menjadi salah satu penentu keberhasilan bisnis. karena tidak jarang, pebisnis dikecewakan oleh partner bisnisnya.
  • Jaminan Keuangan ( Financial Security ). meski bukan menjadi sesuatu yg mutlak, namun jaminan keuangan atau modal sangat diperlukan untuk memulai bisnis sendiri. ada beberapa pilihan dalam mendapatkan modal, yaitu pinjaman bank baik secara pribadi maupun pinjaman untuk usaha kecil, ikut program pemerintah di bidang usaha kecil dan menengah ( UKM ), mencari investor ( penanam modal ) dan memulai usaha bersama. 


  • Menciptakan image yg unik ( Create Unique Image ). ini yang akan menentukan atau membedakan bisnis yg anda jalankan dengan bisnis serupa yg orang lain telah jalankan sebelumnya. image unik ini juga akan meyakinkan calon konsumen anda, karena anda mudah dikenal publik ( masyarakat ).
  • Jangan berpikir untung dulu. merencanakan perputaran uang lebih cepat dengan keuntungan tidak besar dibandingkan dengan keuntungan besar namun perputaran uang yg lambat adalah pilihan tepat, agar bisnis anda dikenali dulu, menyenangi produknya, dan selanjutnya konsumen anda akan tergantung pada bisnis yg anda sedang jalankan. 

Sumber  :  Buku " Rahasia Memulai Bisnis dari Nol "

Karya     :  Bambang Sunarno 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar