Selasa, 06 Oktober 2015

Mengenal Investasi Tanah

      Tanah bisa dipilih sebagai salah satu alternatif untuk melakukan investasi. beberapa kelebihan tanah yg membuatnya layak untuk dijadikan pilihan investasi, adalah sebagai berikut, yaitu :



  • Harga tanah cenderung naik 
Jumlah tanah yg ada dimuka bumi ini tentunya akan semakin berkurang seiring dengan kenaikan jumlah populasi manusia. dan sesuai dengan teori ekonomi bahwa bila jumlah suatu barang atau jasa tersebut sedikit, maka untuk mendapatkannya di perlukan pengorbanan yg cukup besar, dalam hal ini adalah uang yg tidak sedikit. itu sebabnya, harga tanah cenderung naik dari tahun ke tahun, karena jumlah tanah selalu berkurang. bisa dipastikan, investor tidak akan menderita kerugian karena tanah yg mereka beli mengalami penurunan nilai.



  • Tanah bisa dipergunakan untuk kegiatan bisnis
Sebelum berniat untuk menjual tanah, investor bisa menggunakan tanah tersebut untuk kegiatan bisnis lainnya. misalnya disewakan, dimana setiap tahun investor mendapatkan uang sewa. selian itu, investor juga dapat mendirikan bangunan seperti toko, atau bisa juga ditanami yg hasilnya bisa dinikmati oleh investor. biasanya tanah yg sudah diolah atau dirawat akan memiliki nilai yg lebih besar, dibandingkan dengan tanah yg dibiarkan terbelengkalai atau tidak dirawat.


Selain keuntungan yg sudah pasti didapat oleh investor ( penanam modal ), ada beberapa hal yg harus diwaspadai, yaitu :


  • Meskipun nilai tanah cenderung naik, tapi likuiditasnya tidak begitu baik. dalam hal ini, tidak mudah bagi penjual untuk mencari pembeli yg benar-benar cocok dengan dirinya. pangsa pasar tanah memang tidak begitu luas, meskipun bila tanah tersebut berhasil dijual investor bisa langsung jadi kaya raya. namun, proses untuk mendapatkan pembeli tersebut tidaklah mudah.


  • Mungkin kita sering mendengar kasus sengketa tanah dimana tanah yg sudah terlanjur dibeli oleh investor ternyata sudah ada yg memiliki. dengan kata lain, investor tersebut telah ditipu oleh penjual. investor sudah terlanjur mengeluarkan banyak uang, tapi ternyata tanah yg ia beli bermasalah.
  • Karena tergiur dengan harga tanah yg sangat murah, bisa jadi investor terjebak dengan membeli tanah di tempat yg tidak berprospek. akibatnya, pergerakan harga tanah menjadi tidak signifikan & lambat.

Sumber : Buku " Jago Investasi "

Karya    : Miyosi Arifiansyah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar