Sabtu, 14 November 2015

Kunci Sukses Berwirausaha

      William A. Ward pernah berkata, " ada empat langkah mencapai kesuksesan, yaitu perencanaan yg tepat, persiapan yg matang, pelaksanaan yg baik, dan tidak mudah menyerah" . gunakanlah falsafah Ward ini agar kita mudah mencapai kesuksesan. perinciannya adalah sebagai berikut :



  • Ikuti perkembangan jaman
Bergabunglah dalam organisasi yg berkaitan dengan bisnis anda. banyak membaca dan gali informasi sebanyak mungkin. internet akan banyak membantu anda.



  • Buat rencana keuangan
Catat semua pemasukan & pengeluaran setiap harinya. buat target jangka pendek dan jangka panjang. jangan pernah menyerahkan kondisi keuangan pada nasib. perhitungkanlah dengan matang dan cermat.



  • Perkirakan aliran uang tunai
Anda harus bisa memperkirakan aliran uang tunai, paling tidak 3 bulan ke depan. jangan membuat anggaran pengeluaran yg lebih besar dari itu. 



  • Bentuk dewan penasihat atau cari tenaga ahli
Untuk memberi ide, saran, atau kritik terhadap anda dan produk yg ditawarkan. mereka bisa berupa teman-teman atau anggota keluarga yg dipercaya.



  • Jaga keseimbangan antara kerja, santai, dan keluarga
Tidak perlu bekerja terlalu keras, karena sesuatu yg dikerjakan dengan berlebihan hasilnya tidak akan maksimal. lagi pula, badan dan otak butuh istirahat.



  • Kembangkan jaringan ( Network )
Tidak ada salahnya berkenalan & bergaul dengan orang-orang yg berhubungan atau bisa mendukung bisnis anda. siapa tahu ada ide yg bisa digali.



  • Disiplin / motivasi
Aspek terberat dalam menjalankan usaha sendiri adalah disiplin atau motivasi untuk bekerja max. secara teratur. untuk mengatasinya, buatlah daftar apa saja yg harus dikerjakan hari ini & esok. tentukan target yg harus dicapai dalam minggu ini.



  • Selalu waspada dan siap
Rajin-rajin melakukan evaluasi terhadap pasar, produk, dan sistem pemasaran. kalau perlu, ubah cara kerja agar lebih efisien. perbaiki cara pemasaran dan kualitas produk.



  • Cintai pekerjaan anda
Bagaimana akan sukses, jika anda tidak punya " sense of belongin " pada pekerjaan dan produk yg dihasilkan. cintai pekerjaan dan produksi sendiri, dan uang akan mengikuti anda.



  • Jangan mudah menyerah
Para pengusaha sukses pun pernah mengalami kegagalan. jika kita ingin cepat berhasil, maka segeralah bangkit dan belajar dari kegagalan. jangan bersedih terlalu lama, apalagi menyerah.


Sumber  : Buku " Rahasia sukses memulai bisnis dari nol "

Karya    :  Bambang sunarno


Tidak ada komentar:

Posting Komentar