Sabtu, 21 November 2015

10 Tips Membangun Bisnis Sendiri

      Anda ingin memulai bisnis sendiri ? ingin memulai usaha dan membangun bisnis sendiri ? atau masih bingung, ingin jadi wirausahawan ( entrepreneur ) tapi bingung mau terjun di bisnis apa ? coba simaklah langkah-langkah berikut ini mengenai bagaimana memulai bisnis atau usaha sendiri.



  • Mulailah dari mimpi anda
Mulailah dengan sebuah mimpi anda. kiat sukses donald trump dimulai dari mimpi. semua berawal dari sebuah mimpi. a dream is where it all started. pemimpilah yg selalu menciptakan dan membuat sebuah inovasi produk, cara pelayanan, jasa, ataupun ide yg dapat dijual dengan sukses. para pemimpi tidak mengenal batas & keterikatan, tidak mengenal kata tidak bisa, ataupun tidak mungkin.



  • Percaya ( Belief )
Percayalah bahwa anda mampu untuk meraih kesuksesan. seperti kata motivator Andrie Wongso " sukses adalah hak saya " . dengan memiliki kepercayaan yg besar terhadap kesuksesan yg dapat anda raih, anda akan bergerak semakin ringan dan mampu menerjang segala rintangan.



  • Mulailah dari hal yg anda sukai
Saat akan memulai usaha, pilihlah produk atau jasa yg akan anda hasilkan sesuai dengan bidang yg anda sukai ( Passion ). dengan demikian anda akan mencintai produk atau jasa anda. kecintaan pada produk kita akan memberikan sebuah keyakinan pada pelanggan dan membuat kerja max. kita akan terasa lebih ringan. anda akan selalu antusias dan gigih untuk melalui masa-masa sulit.


Selain itu, anda akan memiliki totalitas dalam berusaha yg lebih besar, anda akan mencurahkan semua sumber daya yg anda miliki ( waktu, energi, pikiran, dana ) untuk memulai bisnis anda dan membangunnya menjadi usaha yg berhasil.


  • Pelajari dasar-dasar bisnis
Pelajarilah dasar-dasar bisnis, misalnya " Buy low, sell high, pay late, collect early ". tidak ada kesuksesan tanpa ada sebuah pengetahuan dasar untuk berbisnis yg baik. " Learning by doing " turut terjun langsung dalam bisnis minimal 1 sampai 2 tahun akan membuat anda mengetahui dasar-dasar usaha yg akan membantu kita menuju jalan kesuksesan.



  • Berani mengambil risiko
Ambillah risiko. risiko selalu ada di dalam setiap bisnis apapun. berani mengambil risiko yg sudah diperhitungkan adalah merupakan kunci awal dalam dunia usaha, karena hasil yg akan dicapai akan proporsional terhadap risiko yg akan diambil. sebuah risiko yg sudah diperhitungkan dengan cermat akan memberikan peluang keberhasilan lebih tinggi.



  • Carilah " Guru " bisnis dan mintalah nasehat
Dalam mencari guru, mungkin anda tidak bisa secara langsung meminta mentoring secara langsung. anda juga bisa " mentoring " secara tidak langsung, misalnya mengikuti seminar, workshop, diskusi, atau membaca buku, web, blog, dari orang yg kita anggap guru.



  • Work hard and work smart ( Kerja keras & kerja cerdas )
Kerja keras dan kerja cerdas tidaklah dapat dipisahkan lagi sekarang. hampir semua succesful start-up butuh workaholics. pengusaha sejati tidak pernah lepas dari bisnisnya, pada saat tidur pun otaknya bekerja dan berpikir akan bisnisnya.



  • Bangunlah network ( Jaringan )
Bangunlah jaringan, bertemanlah sebanyak-banyaknya. pada harga dan kualitas yg sama, orang akan lebih memilih membeli dari orang yg telah dikenal, pada harga yg sedikit mahal, orang akan tetap memilih membeli dari orang yg telah dikenal. teman ( network ) anda akan membantu menolong pada masa-masa sulit.



  • Berani menghadapi kegagalan
Kegagalan merupakan sebuah vitamin untuk menguatkan dan mempertajam intuisi dan kemampuan kita berwirausaha, selama kegagalan itu tidak membuat kita "mati". setiap usaha selalu akan memiliki risiko kegagalan dan bilamana itu sampai terjadi pada anda, bersiaplah dan hadapilah ... ! .


Sesungguhnya tidak ada kegagalan, yang ada adalah proses belajar. pengusaha sejati adalah pengusaha yg mampu bangkit dari kegagalannya dan mampu mengubahnya menjadi kemenangan.


  • Action now !
Mulailah sekarang juga. jangan suka menunda-nunda ... !



Sumber : Buku " Rahasia sukses memulai bisnis dari nol "

Karya   : Bambang Sunarno












Tidak ada komentar:

Posting Komentar