Rabu, 18 November 2015

7 Kualitas Pribadi Pengusaha Sukses

      Faktor pendidikan yg tinggi dan pengetahuan teknis saja tidak dapat menjamin seseorang mampu menjadi sukses. anda mungkin juga sudah mengerti beberapa pengusaha sukses yg bahkan tidak berpendidikan tinggi, seperti Andrie Wongso, Bob Sadino, dan Purdie Chandra. ini bukan anda tidak dianjurkan untuk sekolah tinggi. pengusaha sukses yg memiliki pendidikan tinggi juga cukup banyak, seperti Ir. Ciputra, Arifin panigoro, dan lainnya.

Lalu faktor apa yg menentukan pengusaha-pengusaha sukses meraih kesuksesan mereka ? hampir semua pengusaha sukses memiliki kesamaan dalam cara berpikir dan beberapa kualitas pribadi yg mampu mengantarkan mereka meraih puncak kesuksesan.

Apa saja kualitas pribadi tersebut, berikut ini saya uraikan secara rinci, yaitu :



  • Memiliki kemauan yang kuat untuk meraih keberhasilan
Pengusaha selalu memiliki keinginan untuk sukses dan mengembangkan bisnis mereka, seringkali terlihat terlalu ambisius. para pengusaha selalu menentukan tujuan yg jelas dan selalu berkomitmen untuk mencapai tujuan tersebut meskipun ada rintangan menghadang.



  • Percaya diri
Pengusaha sukses memiliki pandangan yg positif terhadap diri mereka dan memiliki kepribadian yg kuat dan tegas. mereka fokus dalam mencapai tujuan dan mereka sangat percaya pada kemampuan mereka untuk mencapai tujuan tersebut.



  • Selalu memiliki ide dan inovasi baru
Pengusaha sukses selalu memiliki keinginan untuk melakukan sesuatu yg lebih baik. mereka selalu berpikir untuk menciptakan produk-produk baru atau meningkatkan layanan mereka. mereka kadang berpikir " out of the box " yang seringkali melawan arus atau belum pernah terpikir sebelumnya. mereka selalu berpikir kreatif & inovatif.



  • Terbuka terhadap perubahan ( Open Mind )
Jika sesuatu tidak berjalan dengan baik, pengusaha sukses cukup mudah untuk berubah. bukan berarti tidak konsisten, tapi mereka terbuka dengan ide-ide atau hal-hal baru. para pengusaha sukses paham bahwa untuk menjaga agar mereka selalu unggul di dalam bisnis, hal yg harus dilakukan adalah terus berkembang dan berubah lebih baik seiring berjalannya waktu. mereka selalu up to date terhadap teknologi baru atau metode terbaru dan selalu siap untuk berubah jika mereka melihat kesempatan baru yg muncul.



  • Siap bersaing
Pengusaha sukses tidak takut menghadapi persaingan. satu-satunya cara untuk mencapai tujuan dan agar unggul dalam sebuah bisnis adalah siap bersaing dengan pengusaha sukses lainnya. 



  • Memiliki motivasi yang tinggi
Pengusaha sukses selalu bergerak ( take action ), selalu berenergi, dan memiliki motivasi yg tinggi. mereka memiliki dorongan yg kuat dalam meraih kesuksesan & memiliki motivasi diri yg sangat tinggi.



  • Terbuka terhadap kritik
Pengusaha-pengusaha sukses seringkali adalah pioneer ( pemimpin/pencipta ) dalam industri mereka, sehingga mungkin banyak orang mencibir, " ini tidak bisa dilakukan " , saat mereka mengawali bisnis mereka. mereka akan menerima kritik yg konstruktif ( membangun ) dan berguna untuk rencana mereka, sebaliknya mereka akan "mengabaikan " komentar-komentar yg destruktif dan pesimisme.


Pengusaha sejati adalah pengusaha yg memiliki banyak " passion " dan memiliki dorongan yg kuat untuk sukses & berhasil. mereka adalah para pemimpin dan pencipta yg siap bersaing di garis terdepan, mereka siap ditertawakan, diejek, dikritik, di awal karena mereka dapat melihat jalan kesuksesan di depan mereka dan selalu berusaha untuk mencapai apa yg mereka impikan. 

Demikianlah 7 kualitas pribadi yg menjadi kunci utama pengusaha sukses. selamat mencoba ...!

Sumber : Buku " Rahasia memulai bisnis dari nol "


Karya   : Bambang Sunarno






Tidak ada komentar:

Posting Komentar