Kamis, 26 November 2015

Trik Jitu Memulai Bisnis Dari Nol

      Untuk menjadi wirausahawan diperlukan suatu syarat dan mekanisme tertentu, akan tetapi sebenarnya tidaklah rumit. hal ini menjadi semacam filter dalam seleksi alam, di mana orang yg mampu memenuhi syaratlah yg akan mencapai kesuksesan. hal ini diperlukan karena memang jumlah wirausahawan harus lebih sedikit dari pekerja, sehingga tuhan menciptakan mekanisme seleksi yg cukup ketat.

Akan tetapi, hal ini bukan tidak bisa dipelajari. adapun hal-hal yg termasuk prasyarat dasar dalam menjadi seorang wirausaha adalah sebagai berikut ini :



  • Keberanian membuat ide
Apapun suatu kegiatan usaha, pasti dimulai dari adanya ide dan keinginan seseorang. ide dapat diperoleh dari membaca referensi, berdiskusi, dan mengamati keadaan lingkungan sehingga seseorang dapat menangkap adanya peluang. terkadang ide muncul saat seseorang sedang mengerjakan sesuatu, dan seseorang tersebut perlu memberanikan diri untuk merumuskan idenya secara lebih jelas atau detail.



  • Kepercayaan diri
Kepercayaan diri merupakan syarat yg penting pada diri seseorang untuk melangkah lebih lanjut. tanpa kepercayaan diri, tidak akan ada tindak lanjut dari suatu gagasan. kepercayaan diri dapat dipupuk dengan keyakinan bahwa dirinya akan berhasil meskipun melalui proses kegagalan yg berkali-kali.



  • Kemauan membangun relasi
Relasi diperlukan untuk memperlancar langkah-langkah yg diperlukan. hambatan selalu muncul dari awal sampai perjalanan merintis usaha, dan manusia selalu memiliki keterbatasan untuk menyelesaikan sendiri. hal ini yg menyebabkan calon pengusaha memerlukan relasi. hal ini sangat jelas tampak ketika seseorang merasa kekurangan modal, sehingga perlu membangun hubungan dengan orang lain untuk membangun kekuatan bersama. relasi juga dapat untuk menemukan kepercayaan dalam bisnis, sehingga suatu saat bisnis itu dapat berjalan tanpa modal ( uang ) sama sekali, akan tetapi dengan modal relasi dan kepercayaan.



  • Keberanian untuk gagal berkali-kali
Setelah membangun relasi, calon pengusaha harus melakukan kegiatan riil ( action ), dan tidak hanya bermimpi dengan ide-ide belaka. melangkah harus dilakukan dengan kepercayaan diri yg penuh, dan kesiapan diri untuk gagal. sebab orang yg sukses adalah orang yg terus mencoba & berusaha max. sampai berhasil, sedangkan orang gagal adalah orang yg sekali gagal langsung berhenti.



  • Tidak berhenti dengan ide baru
Banyak calon pengusaha ketika sudah mulai melangkah kemudian menemukan ide baru dan menghentikan langkahnya untuk mengejar keinginan dan ide baru tersebut. hal ini akan membuat calon pengusaha itu selalu memulai dari nol dan tidak pernah berhasil mengejar cita-citanya. 



  • Selalu berusaha menyelesaikan masalah
Menghindar dari masalah merupakan pantangan besar dalam berusaha, sebab apabila kelak menemui permasalahan yg sama, maka calon pengusaha tidak akan mampu menyelesaikannya. calon pengusaha harus selalu berupaya menyelesaikan masalah dengan strategis, dan mungkin memerlukan bantuan relasi.



  • Meminimalkan modal uang
Terlalu banyak modal uang merupakan langkah memperbesar risiko dalam berbisnis, sehingga jika terjadi kerugian, maka dapat menghilangkan uang modal yg ada. meminimalkan modal sangat diperlukan, dengan maksud bahwa kebutuhan akan modal dapat dipenuhi dengan membangun kerjasama dengan orang lain, bahkan membangun kerjasama dengan pihak-pihak yg dapat mensuplai kebutuhan usaha tanpa mengeluarkan modal dulu. dengan demikian, maka secara tidak langsung calon pengusaha sudah melatih diri berstrategi dari awal. 



  • Berusaha mengembangkan usaha
Apabila telah memperoleh sedikit keberhasilan di awal, maka pengusaha tidak boleh cepat puas, akan tetapi terus berupaya mengembangkannya. dengan menangkap satu peluang yg memungkinkan. pengusaha perlu terus membangun relasi sehingga dapat lebih mudah menangkap peluang-peluang pengembangan usaha.



  • Mempekerjakan karyawan
Hal ini merupakan syarat bagi pengusaha untuk dapat mengembangkan usahanya. tanpa karyawan, dirinya terus akan terfokus pada satu pekerjaan tanpa bisa berbuat banyak untuk mengembangkan. pengusaha semacam ini adalah pengusaha tipe teknisi yg tidak pernah dapat berkembang.



  • Melakukan upaya legalitas usaha yg berkembang
Apabila menghendaki usaha dapat berkembang lebih baik, maka legalisasi usaha perlu dilakukan dalam bentuk membangun wadah seperti badan hukum, sehingga ekspansi market dapat dilakukan lebih leluasa dan tentunya lebih baik.


Sumber  :  Buku " Rahasia sukses memulai bisnis dari nol "

Karya    :  Bambang Sunarno



Tidak ada komentar:

Posting Komentar