Jumat, 27 November 2015

Tips-Tips Melunasi Utang Secara Efektif

      Utang adalah kewajiban yg harus anda bayar dalam jangka waktu tertentu. kebanyakan utang memiliki akibat buruk bagi keuangan anda. sebab, secara berkala anda harus membayar bunga utang dan cicilan pokok.

Yang perlu anda perhatikan pada area ini adalah apa saja tipe utang anda. apakah itu utang jangka pendek atau utang jangka panjang ? biasanya, utang jangka pendek memiliki tingkat bunga yg lebih tinggi sehingga sangat membahayakan keuangan anda. di sini anda perlu memperhatikan berapa jumlah kartu kredit anda. disarankan setiap orang untuk memiliki 1 buah kartu kredit & hanya digunakan sebagai alat pembayaran, bukan sebagai alat untuk berutang. anda perlu membuat strategi untuk membebaskan diri dari utang secepat mungkin dengan kerugian yg seminimal mungkin.

Beberapa orang ada yg terjerumus dalam utang berbunga rendah yg menghabiskan seperempat masa hidup mereka untuk membayarnya. bagaimana anda bisa makmur kalau sebagian besar jerih payah anda digunakan hanya untuk membayar bunga kredit ?

Kalaupun ada jenis utang yg dapat ditoleransi, itu hanya utang untuk membiayai bisnis atau utang orang lain pada anda. di luar itu, semua utang lain harus dihilangkan.

Berbagai masalah yg sering timbul adalah ternyata total tagihan melebihi kemampuan anda dalam membayarnya. anda berada dalam masalah. akan tetapi, ini bukan berarti tidak ada jalan keluar. anda bisa melakukan beberapa hal sebagai berikut, yaitu :



  • Meminjam pada relasi ( keluarga, teman, kerabat, dll-nya )
Anda dapat meminta bantuan teman atau saudara. lunasi utang anda dan kembalikan dana pinjaman itu secepat mungkin. walaupun harus mencicil, setidaknya pinjaman kerabat ini tidak berbunga.



  • Membuat kredit baru dengan bunga yang lebih rendah
Memang menggali lubang untuk menutup lubang , tetapi setidaknya anda bisa mencegah berlipatnya utang anda karena bunga yg tinggi. tentu saja, selama periode ini, anda harus berusaha lebih keras untuk menutup kekurangan pembayaran itu.



  • Berkonsultasilah pada profesional
Jika masalah anda sudah sangat parah, anda bisa berkonsultasi kepada para profesional, seperti konsultan perencana keuangan. mereka akan mengevaluasi keadaan anda & membantu anda menyusun rencana untuk mengatasi masalah ini.


Sumber  :  Buku " Smart With Your Money "

Karya     :  Inggrid Tan






Tidak ada komentar:

Posting Komentar