Senin, 24 September 2018

Tips Tips Keuangan Bagi Pasangan Muda

      Supaya pernikahan anda bebas dari pertengkaran & masalah keuangan,penting bagi anda menerapkan beberapa strategi dalam mengelola keuangan ( manajemen keuangan ) bagi keluarga anda.


Berikut ini tips-tipsnya, yaitu :


1. Bangun Kejujuran

Anda berdua sebaiknya terbuka & jujur dalam jumlah pendapatan tiap bulan ( atau hubungi jasa seorang akuntan keuangan untuk konsultasi ) termasuk pos lain selain gaji.jujur bukan hanya soal pendapatan,tapi juga dalam soal kebiasaan belanja.

2. Atur pos-pos pengeluaran

Sepakati soal jumlah pos uang bersama,berapa biaya yg digunakan dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga,berapa persen untuk tabungan,berapa persen uang untuk investasi ( termasuk asuransi ), cobalah untuk konsultasi dengan seorang akuntan publik.

3. Tetapkan target

Evaluasi anggaran pendapatan dan pengeluaran keluarga secara teratur.buatlah rencana pencapaian jangka panjang & diskusikan dengan akuntan publik anda.

4. Bijaksana dalam memakai uang

Bersikaplah bijaksana dalam memakai uang ( manajemen keuangan ) bersama,jangan membeli barang yg tidak perlu,apalagi sampai berutang untuk kebutuhan konsumtif ( contoh : membeli mobil atau hp baru secara kredit ).bedakan antara kebutuhan & keinginan dalam memakai uang anda & pasangan anda.


Sumber : Buku " Cara Bijak Mengelola Uang "

Karya    : Yuni Sulanjari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar