Rabu, 26 September 2018

Tips-Tips Penting Mengelola Keuangan

      Saat ini keadaan ekonomi sedang tidak menentu.harga kebutuhan pokok hampir semuanya naik,di tambah banyak perusahaan-perusahaan yg memphk sebagian karyawannya,khususnya perusahaan industri tekstil & otomotif.untuk itulah penting bagi kita mengelola keuangan rumah tangga lebih bijak lagi demi masa depan keluarga kita.

Berikut ini adalah tips-tips penting dalam mengelola keuangan rumah tangga anda,yaitu :


1. Beli barang sesuai dengan perencanaan

Sering kali kita tiap weekend ke pusat perbelanjaan dan membeli barang-barang yg kurang perlu.karena itu,sebelum berbelanja buatlah dahulu daftar barang belanja.daftar belanja itu kemudian di bagi menjadi kebutuhan utama & kebutuhan tambahan.kebutuhan utama itu seperti membeli beras,sayur,daging ayam,daging sapi,bayar listrik,bayar PAM ( perusahaan air minum ),dll.sementara kebutuhan tambahan itu seperti membeli baju,sepatu,beli handphone,dll-nya.

2. Hindari utang buruk

Hutang buruk adalah utang yg di gunakan untuk membeli barang-barang konsumtif & kurang perlu,seperti menggunakan kartu kredit untuk membeli tv plasma atau mobil mewah.hal ini kurang bijaksana karena utang seperti inilah yg membuat kita terbelit masalah keuangan serius.

satu hal penting yg harus kita ingat adalah kita membeli barang yg kita butuhkan,bukan apa yg kita inginkan.kalau pun terpaksa untuk berutang,usahakan untuk membayarnya sebelum jatuh tempo.

3. Membawa bekal dari rumah

Lebih baik membawa bekal sendiri dari rumah.selain lebih hemat,makanan dari rumah lebih sehat & higienis.langkah ini akan membuat anda akan memiliki tambahan uang lebih saat ada kebutuhan mendesak di akhir bulan.

4. Hematlah dalam menggunakan air,listrik,air minum,dan handphone

Meskipun tidak seberapa,tapi langkah ini cukup efektif dalam menjadikan anda lebih bijak dalam mengelola keuangan rumah tangga anda.

5. Kurangi merokok

Kecanduan pada rokok akan cukup membebani keuangan rumah tangga anda.selain merugikan kesehatan anda,kebiasaan itu juga seperti membakar uang.jika anda sayang pada keuangan rumah tangga anda,segera kurangi kebiasaan merokok anda.

6. Menabunglah

Rencanakan pensiun anda sejak dini.uang tabungan ini cukup berguna jika ada kebutuhan tidak terduga,seperti biaya sakit anak,biaya renovasi rumah anda,dll-nya.


Sumber  : Buku " Cara Cerdas dan Bijak Mengelola Uang "

Karya     : Yuni Sulanjari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar