Sabtu, 29 September 2018

Tips-Tips Penting Mendapat Pinjaman Dari Bank

      Mengajukan pinjaman ke bank itu gampang-gampang susah.apalagi jika kita baru pertama kali mengajukan pinjaman ke bank.jika tidak paham proses pengajukannya,bisa memakan waktu berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan pengajuan pinjaman bank kita di setujui oleh pihak bank.

Berikut ini adalah beberapa tips-tips penting agar pengajuan pinjaman bank kita dapat segera di setujui oleh pihak bank,yaitu :


1. Yakinkanlah kepada petugas bank,bahwa kredit yg anda butuhkan itu untuk pinjaman usaha/bisnis.ajukanlah pinjaman kepada bank yg betul-betul mengetahui bisnis anda itu.anda jangan takut,karena pinjaman inilah yg diinginkan oleh petugas bank.untuk memperbesar peluang,cobalah cari informasi tentang bank yg aktif memberikan pendanaan untuk bisnis UKM.ada beberapa bank & beberapa lembaga keuangan lain yg memberikan pinjaman modal tanpa dukungan pemerintah.namun,anda harus ingat bahwa bank selalu menuntut persyaratan jaminan ( Collateral ) sebagai tahapan awal.

2. Sebagai pebisnis,pastikan anda benar-benar siap datang ke bank dengan mengajukan pinjaman.anda harus bisa meyakinkan pihak bank,bahwa pinjaman yg anda ajukan adalah pinjaman bisnis berisiko kecil.segera siapkan formulir pengajuan pinjaman yg lengkap,foto copy proyeksi cash flow ( aliran uang tunai ) bisnis,proyeksi laporan keuangan bisnis untuk 3 tahun ke depan,dll.

3. Siapkan jawaban yg tepat pada pertanyaan yg akan di ajukan pihak bank.seorang peminjam yg teliti & siap akan mendapat peluang 4 kali lebih besar ketimbang peminjam yg tidak mempersiapkan dirinya.pertanyaan yg biasanya di ajukan pihak bank seperti, berapa banyak modal uang yg anda butuhkan ? berapa lama anda membutuhkan dana tersebut ? kapan anda bisa mengembalikan pinjaman modal bisnis itu ? dll-nya.jelaskanlah pada pihak bank bahwa proyeksi cashflow bisnis anda berjalan lancar dan bisnis anda akan mendatangkan keuntungan yg lancar.tunjukkan bahwa anda akan bisa mengelola dana itu lewat rencana bisnis ( business plan ) yg anda lakukan.dengan begitu pengajuan pinjaman anda ke pihak bank kemungkinan besar akan berhasil.

4. Kalau anda tertarik,anda bisa manfaatkan fasilitas kredit tanpa agunan ( KTA ),tapi anda harus tetap memperhatikan surat perjanjian pinjaman yg telah di buat oleh pihak bank.

5. Jangan berlebihan dalam mengisi formulir permohonan pengajuan pinjaman bank,karena pihak bank akan mudah mengecek fakta dari pengajuan kredit bank anda.jika anda tidak dapat memberikan keterangan yg di dukung dengan data yg kuat,maka jangan di masukkan dalam formulir pengajuan pinjaman bank.

6. Tetap mencoba untuk mencari kredit pinjaman sampai berhasil,apabila anda di tolak maka carilah bank lainnya.carilah referensi bank lewat pebisnis yg sudah sukes.sebelum anda ke bank langsung,carilah teman,rekan kerja,atau kenalan lain yg memiliki posisi bagus dengan bank.pihak bank biasanya lebih suka berbisnis dengan orang-orang yg direferensikan oleh customer terbaik mereka.


Sumber  : Buku " Cara Cerdas & Bijak Mengelola Uang "

Karya     : Yuni Sulanjari 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar