Selasa, 02 Oktober 2018

Tips-Tips Menyiapkan Dana Pendidikan

      Di saat sulit seperti ini,ketika harga barang & jasa meningkat,perlu strategi lebih kreatif dan matang dalam mempersiapkan dana pendidikan untuk anak kita.sebenarnya,hanya ada 2 kata kunci,yaitu positife cash flow dan strategi menabung.apa itu strategi positif cash flow ? rumusnya mudah saja,yaitu pendapatan lebih besar daripada pengeluaran.bagaimana caranya ? padahal pendapatan tidak meningkat tiap tahunnya,sedangkan pengeluaran meningkat akibat kenaikan harga ? 

Berikut ini adalah tips-tips strategi menghadapinya,yaitu :


1. Lupakan utang yg buruk

Dengan melupakan utang,berarti anda hidup benar-benar sesuai dengan kemampuan.kalau memang belum punya cukup uang utnuk beli mobil,ya jangan kredit.kalau belum cukup uang untuk beli laptop model terbaru,ya jangan utang.apalagi tergiur cicilan utang  untuk jalan-jalan keluar negeri.wuih,liburannya selesai,tapi cicilan utangnya jalan terus.dengan melupakan utang buruk/utang konsumtif,anda akan terhindar dari terjeratnya utang dan bunga cicilannya yg berat,sebab tidak ada yg tahu keadaan hidupnya di masa mendatang.

2. Jadilah pribadi orang yg bersyukur 

Bila anda menjadi pribadi orang yg bersyukur,anda akan tidak akan tergoda dengan membeli barang-barang mewah dengan cicilan kredit.jadi,anda hanya akan membeli barang-barang yg anda butuhkan saja dlm hidup.anda juga tidak akan mudah tergoda dengan rayuan iklan di televisi atau pun media informasi lainnya.

Sebagai tambahan,saya selalu menjauhkan kartu kredit ketika berbelanja di mall.jika ada barang di mall yg saya inginkan,saya hanya membawa uang cash secukupnya.jika ada barang di mall yg ingin saya beli,saya terpaksa tidak beli karena uang dompet saya sudah sedikit.dengan demikian,saya tidak akan terjerat utang buruk.

3. Jadilah Kreatif

Bensin mahal,pakailah kendaraan umum.jauhkan gengsi,jadilah pribadi yg kreatif.cari cara kreatif untuk mendapatkan penghasilan lebih.kalau anda merasa makan siang mahal,cobalah bawa bekal dari rumah.bila gaji di kantor pas-pasan,anda bisa membawa barang dagangan di kantor ( misalnya kue kering,atau baju-baju kerja ,dll.).dengan catatan,peraturan kantor memang membolehkan.

Kalau anda jago marketing ( menjual ),anda bisa bekerja sebagai agen properti ( asal tidak menyalahi peraturan kantor ).artinya,ada banyak cara alternatif untuk menambah penghasilan.jangan menunggu kenaikan gaji yg belum tentu datang.lebih baik jemput bola,tangkap peluang.

4. Disiplin

Yang terakhir adalah anda harus berdisiplin dengan aturan yg sudah anda buat sendiri.bayangkan ini,hanya karena tergiur oleh keadaan,anda melanggar janji atau komitmen yg telah dibuat sendiri.ini seperti menjilat ludah sendiri.sengaja saya buat perumpamaan agak keras,karena mendapatkan positif cash flow itu butuh perjuangan.percayalah,pengorbanan anda akan terbayar,dan anda akan mendapat uang lebih untuk diinvestasikan.dengan demikian,anda akan bisa mempersiapkan dana pendidikan untuk anak anda.


Sumber  : Buku " Cara Cerdas & Bijak Mengelola Uang "

Karya     : Yuni Sulanjari




Tidak ada komentar:

Posting Komentar