Kamis, 16 April 2020

Rahasia bisnis Bob Sadino : Kosongkan dulu diri anda sebelum belajar

      Kalau anda yakin ingin mendapatkan sebanyak mungkin ilmu dan pengalaman dari pengusaha Bob Sadino, maka anda harus mengosongkan seluruh gelas ilmu anda. anda mesti membuat diri anda merasa " bodoh " dulu, dan jangan merasa diri anda sok tahu. begitu anda mulai sok tahu, maka ilmu yg mengalir dari Om Bob atau dari siapa pun, akan tumpah ruah dan tidak tertampung di gelas ilmu anda. 

Ternyata itulah makna kata " bodoh " yg sering dilontarkan oleh Om Bob, ketika membalas pertanyaan atau pernyataan lawan bicaranya. kesannya memang kasar dan menyakitkan hati, tapi buat seseorang yg memang butuh ilmu, kata-kata kasar itu justru menjadikan sebuah kata refleksi.


Apa pun reaksi spontan anda memang bukan itu inti dari kata-kata " bodoh " Om Bob. dia justru mengajak lawan bicaranya agar selalu merasa " bodoh " bila belajar dari orang lain. semakin bodoh seseorang akan kian banyak ilmu yg diperolehnya. dan itu yg dilakukan oleh Om Bob dalam setiap kesempatan. dia membodohkan dirinya sendiri lebih dulu sebelum membodohkan orang lain. dia yakin, bila gelasnya sama-sama kosong, maka kian banyak ilmu yg tertampung oleh kedua belah pihak.

Banyak kisah lucu seputaran kata-kata " bodoh " yg dilontarkan oleh Om Bob. misalnya, ketika menjadi pembicara di Sumatera Barat. saat itu, sejumlah orang ternama di sana menjadi peserta seminar. mereka banyak yg bertitel tinggi & jabatan tinggi, sehingga kalau bicara menggunakan istilah hebat & intelek. tapi di mata Om Bob, mereka justru memperlihatkan kebodohan dalam bidang entrepreneurship / dunia bisnis. maka tanpa ampun, mengalirlah kata-kata " bodoh / goblok " yang ditujukan buat orang-orang terhormat tersebut.

Bagaimana reaksi mereka ?

Tentu saja banyak dari mereka yg marah dengan kata-kata " bodoh / goblok " itu, tapi tidak dilampiaskan secara langsung. orang-orang dari Sumatera Barat sangat menjunjung tinggi kehormatan diri, sehingga perlakuan dari Om Bob sama sekali tidak dapat mereka terima.

Tapi apa yg terjadi setelah seminar ?

Om Bob Sadino didatangi beberapa peserta seminar yg menyampaikan ucapan terima kasih, sudah memberi pelajaran kepada mereka, khususnya terhadap orang terhormat yg disebut bodoh / goblok. mereka mengaku sudah lama ingin mengatakan hal serupa pada orang-orang terhormat itu.

Ternyata memang begitu bawaan banyak orang yg sudah merasa pintar, yaitu sulit mengosongkan gelas ilmunya ketika berjumpa dengan orang lain. gelas mereka selalu terisi penuh, sehingga diminta untuk mengosongkan diri mereka menolak. mereka tidak sadar bahwa mereka sedang berlaku " bodoh / goblok " dalam arti sesungguhnya karena tidak mau menerima ilmu baru dari orang lain. padahal, setiap orang serendah apa pun orang itu, memiliki pengalaman & ilmu yg mungkin belum mereka miliki.

Cerita lainnya muncul dari seorang pengusaha / pebisnis yg sudah cukup punya nama dengan banyak perusahaan. dia tidak menyangka ketika bertemu dengan Om Bob dan berdiskusi, mendapatkan banyak semprotan kata-kata " bodoh / goblok " berulang-ulang. bahkan, sempat terlintas dipikirannya " Om Bob ini sombong / angkuh sekali, karena mengatakan bodoh / goblok pada orang lain seenak udelnya " .

Tapi lama kelamaan, hampir semua ucapan dari Om Bob selalu berisi kebenaran. memang tidak 100 % benar, tapi hampir selalu mengandung kebenaran. sampai akhirnya dia bilang, " Saya menikmati di gobloki oleh Om Bob, makin sering Om bilang saya goblok maka makin maju usaha saya " .

Masih tidak setuju dengan kata-kata " bodoh / goblok " dari Bob Sadino ?

" Goblok anda ... " . 



Sumber  : Buku " Belajar Goblok dari Bob Sadino "

Karya     : Dodi Mawardi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar