Kamis, 30 April 2020

Penghasilan aktif ( bekerja ) vs Pendapatan pasif ( aset finansial )

   Uang, Rumah, Koin, Investasi, Bisnis   Penghasilan aktif adalah penghasilan yg anda dapatkan dengan menjual waktu anda untuk uang. bentuknya bisa berupa gaji, upah, dan komisi yg anda peroleh dari bekerja. mayoritas orang-orang memfokuskan sebagian besar waktunya untuk mendapatkan uang dengan cara ini.

Jika mayoritas pemasukan anda datang dari sumber aktif, maka akan sulit bagi anda untuk menang dari persaingan sengit mencari kekayaan. tantangan dari penghasilan aktif adalah batasan jumlah yg anda hasilkan. hal ini dikarenakan adanya batasan waktu yg bisa anda jual.

Dengan membatasi diri hanya pada 1 sumber penghasilan dari pekerjaan anda, anda tidak akan bisa meningkatkan kekayaan anda dengan banyak. dan juga, bergantung pada 1 pekerjaan sebagai sumber penghasilan utama akan semakin berisiko seiring dengan usia anda yang semakin tua. hari-hari dimana bos akan menjaga kita hingga tua nanti hilang sudah. saat anda beranjak ke usia 40-50 tahun, kita akan jadi sangat rentan pada perampingan ( pengurangan ) pekerja & pengurangan gaji yg akan mempengaruhi standar hidup kita dan akan menghancurkan masa depan finansial kita.


Masalahnya, adalah kebanyakan orang telah dikondisikan oleh lingkungan untuk belajar dengan tekun, mendapatkan kualifikasi akademik yg tinggi, dan mencari pekerjaan dengan gaji tinggi. mereka dibesarkan untuk percaya selama mereka berkerja keras & mematuhi aturan, mereka akan aman secara finansial. kenyataannya, kini banyak para profesional pekerja keras yg menemukan bahwa mereka tidak punya cukup tabungan untuk pensiun setelah membayar pengeluaran mereka yg meningkat. akibatnya, mereka kesulitan secara finansial & terjebak dalam persaingan sengit mencari kekayaan seumur hidup mereka.

Memilih penghasilan pasif ( Aset finansial )

Sementara itu, orang-orang kaya sejati memainkan permainan ini dengan cara yg sangat berbeda. mereka menyadari bahwa untuk unggul secara finansial ( keuangan ), mereka harus lebih fokus dalam membangun sumber-sumber penghasilan pasif. mereka tahu bahwa kunci dari kesejahteraan adalah memiliki mayoritas penghasilan dari aset-aset investasi mereka & bukan dari pekerjaan mereka.

Penghasilan pasif ( passive income ) adalah penghasilan yg anda hasilkan dari aset-aset yg menghasilkan pemasukan. untuk menjadi kaya, anda harus lebih fokus untuk menciptakan & membeli aset-aset ini. tiga aset investasi utama yg memberikan penghasilan pasif ( passive income ) itu adalah : 

1. Bisnis

2. Invest properti / real estate ( tanah dan bangunan )

3. Aset intelektual ( pendidikan )

Jika anda cermati orang-orang terkaya di dunia, maka anda akan menemukan bahwa kebanyakan / mayoritas kekayaan mereka bukan berasal dari gaji besar. melainkan, dari kepemilikan banyak bisnis, invest properti / real estate, dan aset intelektual ( pendidikan ). faktanya, banyak miliuner yg bahkan tidak memiliki gaji besar. mendiang Steve jobs ( mantan CEO Apple ), Larry page ( CEO Google ), dan Vikram pandit ( mantan CEO Citigroup ) hanya mendapat gaji $ 1 gaji tahunan dari perusahaan mereka. kepemilikan saham yg mereka pegang di perusahaan-perusahaan mereka itulah yg menghasilkan kekayaan multijutaan dollar mereka.

Ketika anda fokus untuk membangun penghasilan pasif dengan mulai menciptakan dan berinvestasi dalam aset-aset yang paling menguntungkan, anda akan menemukan bahhwa kekayaan anda tidak lagi terkekang oleh berapa banyak waktu yg anda punya. tidak seperti hanya bisa memiliki 1 pekerjaan, anda bisa memiliki banyak bisnis dan juga properti, dan dengan demikian menciptakan beberapa sumber penghasilan yg terus bertumbuh dengan kecepatan tinggi.

Aset 1. Milikilah bisnis-bisnis sukses

Aset pertama yg menghasilkan yg anda perlu fokus untuk dimiliki adalah bisnis. mulailah mengubah pemikiran anda dari seorang pegawai ( karyawan ) menjadi seorang pemilik bisnis. sebagai pemilik sebuah bisnis yg menguntungkan, anda akan mendapat bagian dalam bentuk dividen. seiring bisnis itu yg semakin berkembang, bagian kepemilikan anda juga akan semakin berharga.

Anda bisa memiliki beberapa bisnis dengan memulai sebuah perusahaan dari nol dan membangunnya sendiri atau anda bisa belajar bagaimana membeli perusahaan yg sudah sukses. ketika saya memberi tahu orang-orang bahwa mereka bisa membeli sebuah perusahaan yg sangat menguntungkan besok, mereka mengamati saya ( adam khoo ) dengan tatapan tidak percaya.

Yang tidak disadari sebagian besar orang, bahwa bursa saham itu seperti supermarket perusahaan-perusahaan. inilah tempat bisnis-bisnis dijual. semua orang bisa membeli saham-saham perusahaan paling sukses di dunia. hanya dengan mengeluarkan sebagian modal uang, maka anda bisa membeli saham-saham perusahaan sukses seperti Indofood, Unilever, Coca-cola, Nike, Visa, dan Google. dan anda bisa menjadi pemilik sebagian dari bisnis-bisnis hebat ini.

Perusahaan-perusahaan terbaik untuk dibeli adalah perusahaan yg menjual sebuah produk atau jasa yg anda sendiri gunakan dengan teratur. contohnya, apakah anda membeli produk Apple dalam 12 bulan terakhir ( mis. Iphone, Ipad, Macbook, aplikasi Itunes ) ? setiap anda membeli gadget ini, anda berkontribusi pada penjualan dan keuntungan Apple Inc. jadi, siapa yg memiliki perusahaan hebat ini ? para pemegang sahamlah pemiliknya ! . dengan membuka rekening di perusahaan pialang saham online ( daring ), anda bisa membeli saham perusahaan Apple hanya dengan sekali tekan saja ! . dalam hitungan menit, anda bisa menjadi salah satu pemegang saham Apple. jadi, sebaik apa jika anda sudah menjadi pemegang saham Apple selama 20 tahun ?

Lihat data grafik harga saham perusahaan Apple. jika anda berinvestasi sebesar $ 10.000 dalam saham Apple di tahun 1983, maka kepemilikan saham anda akan bernilai $ 4, 28 juta sekarang ( data bulan juni 2012 ).

Contoh lainnya, apakah anda pernah makan di restoran McDonalds setidaknya sekali dalam 2 bulan terakhir ? saya yakin sangat mungkin. sekali lagi, setiap anda mengunjungi restoran McDonalds & memesan makanan, anda telah membuat restoran itu semakin untung. jika anda adalah salah seorang pemegang saham perusahaan McDonalds, anda juga akan mendapat bagian keuntungan yg cukup besar.

Lihat data grafik harga saham perusahaan McDonalds. jika anda berinvestasi $ 10.000 dalam saham McDonalds di tahun 1980, maka investasi anda ( termasuk penerimaan dividen ), akan bernilai $ 1,47 juta dollar sekarang ( data bulan juni 2012 ).

Ketika saya ( adam khoo ) memperlihatkan fakta ini di salah satu presentasi saya, seorang peserta berkomentar, " Saya sudah bekerja di perusahaan McDonalds selama 8 tahun dan saya bahkan tidak dibayar sebesar itu ! " . memang benar, pemegang saham perusahaan akan selalu menghasilkan lebih banyak uang daripada karyawan yg bekerja di perusahaan tersebut. hal terbaik dari menjadi pemegang saham sebuah perusahaan adalah anda tidak perlu datang untuk bekerja. yang anda lakukan adalah hanya melihat kekayaan anda berkembang dan mendapat bagian dividen perusahaan setiap 4 bulan sekali. jadi, menjadi pemilik bisnis itu jauh lebih menguntungkan daripada menjadi pegawai / karyawan perusahaan.

Seperti yg anda lihat, bursa saham memberikan kesempatan bagi anda untuk membeli & memiliki bisnis-bisnis sukses tanpa risiko & kesulitan untuk memulai sendiri dari awal. anda bisa menjadi pegawai & juga menikmati menjadi pemilik sebagian beberapa perusahaan sukses yg terbuka untuk publik.

Tapi, tentu saja tidak semua perusahaan bagus untuk dibeli. jika anda salah berinvestasi dalam saham perusahaan yg buruk / jelek maka anda tidak akan menerima dividen perusahaan dan nilai saham perusahaan anda akan terus turun. untuk itu dibutuhkan keberanian & ilmu pengetahuan khusus untuk mempelajari cara investasi saham perusahaan dari awal sampai akhir.

Aset 2. Milikilah unit properti yg berharga

Di samping menjadi pemilik sebagian perusahaan-perusahaan yg sukses, anda juga bisa mulai belajar membangun portofolio yg berisi unit hunian properti berharga yg akan menghasilkan keuntungan pemasukan yg teratur dari harga sewanya. harga-harga properti di lokasi pemukiman yg strategis akan selalu meningkat dari waktu ke waktu, dan akan meningkatkan kekayaan anda juga pastinya.

Banyak orang percaya bahwa mereka butuh modal sangat besar untuk bisa memiliki unit hunian properti. yang banyak orang tidak tahu adalah mereka bisa mulai ambil bagian saham dari properti / real estate yg berharga, yang hanya seharga beberapa ratus atau ribuan dollar saja. cara untuk melakukannya adalah dengan berinvestasi melalui Real estate investment trusts ( REIT ).

REIT memberikan ksempatan untuk berinvestasi di aset-aset properti seperti gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, hotel, apartemen, mulai dari yg sekecil seharga $ 600-$ 800. REIT ini mengumpulkan jutaan dollar dari ribuan investor kecil dan menggunakan dana-dana ini untuk investasi dalam portofolio aset properti. manajer REIT akan mengelola properti-properti, mengumpulkan hasil sewa dan menyalurkan 90 % pemasukan kembali pada anda dan kepada semua pemegang saham lainnya.

Aset 3. Miliki aset Intelektual ( pendidikan )

Sperti sebutannya, aset-aset intelektual mengacu pada produk pemikiran yg diciptakan dari ide-ide orisinal anda. yg bisa dihakciptakan, dipatenkan, dan menjadi trademark. beberapa contohnya adalah artikel, buku, lagu, film, karya seni, foto, komik, piranti lunak, logo perusahaan, dan lainnya. aset-aset intelektual adalah salah satu sumber penghasilan pasif, khusunya dalam format digital, karena dengan begitu aset-aset ini bisa dengan mudah direproduksi dan didistribusikan.

Contohnya, anda bisa membuat salinan dari artikel yg anda tulis dan hanya mengklik copy dan paste. hasil salinan ini bisa dibagi pada ribuan orang melalui Internet dan anda bisa memperoleh penghasilan langsung setiap kali artikel itu terjual, atau melalui komisi royalti yg dibayarkan pada anda secara reguler oleh distributor.



Sumber   :  Buku " Winning the game of stocks "

Karya      :  Adam Khoo























Tidak ada komentar:

Posting Komentar