Sabtu, 08 Agustus 2015

Kriteria 4-M Di Rekreasi

      Bagi masyarakat yg tinggal di kota-kota besar, rekreasi merupakan salah satu kebutuhan utama. padatnya kesibukan dan beban pekerjaan, sering menimbulkan kelelahan fisik maupun jiwa dan kadang menimbulkan stres, membutuhkan penyegaran sebagai katup pelepasan. tak heran, masyarakat selalu menunggu akhir pekan untuk melakukan aktivitas rekreasi. bahkan, aura kegembiraan akhir pekan sudah terasa ketika hari jum'at tiba : TGIF ( Thanks God it's Friday ).

Melakukan rekreasi, sebagai salah satu kebutuhan utama, menjadi tidak masalah, ketika penghasilan keluarga mampu memenuhi anggaran pengeluaran yg sudah direncanakan. juga disiplin dalam pelaksanaannya serta tidak mengabaikan prioritas anggaran lain, seperti anggaran kebutuhan rumah tangga, pendidikan anak, serta tabungan untuk persiapan kebutuhan masa depan. urusan rekreasi bisa menjadi masalah, ketika tidak ada perencanaan anggaran dan keluarga memaksakan diri melakukan rekreasi yg dibiayai oleh fasilitas utang, misalnya kartu kredit ( credit card ).


Rekreasi akhir pekan, sebenarnya juga menjadi momen yg penting dalam hubungan keluarga. biasanya, saat itulah momentum kebersamaan seluruh keluarga terjadi. khususnya bagi keluarga yg suami maupun istri bekerja secara penuh waktu. rekreasi, sebagai pelepas lelah bagi kedua orangtua, juga harus dimanfaatkan sebagai sarana interaksi langsung seluruh anggota keluarga dan sarana belajar bagi anak-anak dalam suasana yg menyenangkan. itu sebabnya, akan sangat bijak bagi semua keluarga merencanakan & menganggarkan biaya rekreasi ini dengan baik.

Sangat disayangkan jika sebuah keluarga tidak melakukan perencanaan rekreasi yg baik. setiap akhir pekan hanya diisi secara rutin dengan jalan-jalan atau belanja di mall, sambil makan atau nonton saja. penggunaan sumber dana yg cukup besar untuk kebutuhan ini akan menjadi kurang bermanfaat, khususnya bagi proses perkembangan buah hati keluarga. anak-anak hanya akan belajar menjadi konsumen dan terbiasa dengan konsumerisme yg tidak sehat, serta tidak belajar memahami realitas kehidupan dan berjuang menghadapi berbagai kesulitan.

Karena itu, pikirkanlah baik-baik pemanfaatan sumber dana serta waktu akhir pekan yg merupakan golden time bagi seluruh keluarga berinteraksi. sebuah keluarga dapat mengisi akhir pekan dengan kegiatan rekreasi yg memenuhi kriteria 4-M, yakni Menyenangkan, Menyehatkan, Mendidik, dan Manfaat. 

Sumber  :  Buku "Financial Wisdom"

Karya     :  Eko P. Pratomo



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar