Minggu, 19 Juli 2015

Ayo, Jangan Malas Menabung ...!

      Kita sering lupa pentingnya menabung. karena biasanya kita tidak memiliki fokus & tujuan spesifik serta tidak mengerti mengapa harus menabung. kita perlu mengalokasikan sebagian penghasilan untuk menabung & berinvestasi. kita memerlukan kedua hal tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan masa depan. problematikanya, sebagian dari kita tidak menyadari adanya kebutuhan masa depan yg harus kita rencanakan dan dipersiapkan sedini mungkin.

Mari kita coba ambil secarik kertas. coba anda pikirkan, apa sajakah kebutuhan masa depan yg harus dipenuhi dan tuliskanlah. semakin banyak kita berpikir, maka semakin banyak kebutuhan masa depan yg bisa kita tuliskan.


Jika kita ingin mulai rajin menabung, ini kiat sederhana sekaligus contohnya, Pertama, menentukan kebutuhan paling penting yg belum sanggup kita penuhi saat ini. misal, biaya pendidikan di perguruan tinggi anak pertama.

Kedua, menentukan kapan & perkiraan dana yg harus kita siapkan untuk memnuhi biaya tersebut. misalnya, lima tahun dari sekarang dan membutuhkan biaya, setelah juga memperhitungkan faktor Inflasi, sebesar Rp 120 Juta.

Ketiga, hitung berapa besar tabungan per bulan agar terkumpul Rp 120 Juta dalam jangka waktu lima tahun. maka, dengan cara membagi Rp 120 Juta dengan 60 bulan ( dengan mengasumsikan hasil investasi riil setelah Inflasi sama dengan 0 % ), kita mendapatkan angka Rp 2 Juta per bulan selama lima tahun. itulah besar tabungan bulanan yg harus kita sishkan.

Mudah, bukan ? jadi kuncinya adalah fokus saja pada tujuan, lalu disiplin dalam meraih tujuan tersebut.

Mempersiapkan kebutuhan masa depan akan terasa jauh lebih ringan dengan menabung secara rutin jauh-jauh hari dan sedini mungkin. untuk waktu yg panjang, bisa menjadi lebih ringan, karena alokasi per bulan yg harus kita sisihkan bisa menjadi lebih terjangkau dengan " bantuan " instrumen investasi yg bisa memberikan hasil atau kinerja investasi yg tinggi. 

Sumber :  Buku " Financial Wisdom "

Karya    :  Eko P. Pratomo







Tidak ada komentar:

Posting Komentar