Rabu, 15 Juli 2015

Tujuh Tanda Keuangan Keluarga Tidak Sehat

      Kondisi keuangan harus dijaga seperti layaknya menjaga kondisi jiwa & raga kita agar tetap sehat. agar bisa menjaga kondisi kesehatan raga, kita perlu tahu gejala-gejala yg muncul sebagai pertanda bahwa kondisi tubuh kita mulai tidak sehat. begitu pula dengan kondisi keuangan. kita perlu tahu tanda-tanda adanya gejala kondisi keuangan kita yg mulai tidak sehat atau bahkan sudah menjadi sakit.

Bagaimana kita tahu jika kondisi keuangan kita sedang tidak sehat ? ada banyak tanda-tanda yg bisa dijadikan acuan, namun paling tidak ada 7 hal yg patut diwaspadai :
Pertama, kita tidak memenuhi kewajiban agama atas harta yg kita peroleh ( misalnya zakat bagi umat islam atau perpuluhan bagi umat nasrani/kristen ). Kedua, tidak bisa menabung secara rutin, artinya pengeluaran kita sering atau selalu sama atau malah lebih besar dari penghasilan. Ketiga, Kita tidak memiliki tabungan darurat minimal 3 bulan dari pengeluaran bulanan kita. Keempat, jika memiliki kartu kredit, kita sering atau selalu tidak sanggup membayar lunas semua tagihan bulanan, sehingga terpaksa harus membayar secara mencicil. Kelima, jika memiliki utang dan mulai mengalami kesulitan dalam mencicilnya. Keenam, jika memiliki saldo utang yg lebih besar dari aset yg kita miliki. Ketujuh, kita tidak memiliki perencanaan dan persiapan finansial untuk kebutuhan masa depan seperti biaya pendidikan anak dan dana persiapan pensiun kita.

Berhati-hatilah jika salah satu ciri tersebut ada pada kita. artinya, kondisi keuangan kita sudah mulai tidak sehat. segera perbaiki apa yg perlu diperbaiki, sebelum kondisinya menjadi sakit betulan dan segalanya menjadi lebih sulit.

Sumber :  Buku "Financial Wisdom"

Karya    :  Eko P. Pratomo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar