Selasa, 28 Juli 2015

Hanya Masalah Pemasukan Dan Pengeluaran

      Masalah keuangan keluarga yang mendasar secara duniawi sebenarnya hanya dipengaruhi 2 faktor besar, yaitu pemasukan & pengeluaran. hanya dari 2 hal inilah solusi semua masalah keuangan bersumber, kalau tidak meningkatkan penghasilan/pemasukan, ya mengurangi atau mengatur pengeluaran. tidak ada yg lain ! .

Pemasukan terdiri dari dua hal, yaitu dari penghasilan & utang. pengeluaran juga dipengaruhi dua hal, yaitu untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan.


Jika kita ingin hidup tenang, penghasilan harus selalu lebih besar daripada pengeluaran. sebisa mungkin hindari utang untuk urusan keluarga ( yang bersifat konsumtif ).

Kalau bisa, jangan pernah punya utang, kecuali utang untuk sesuatu yg produktif ( menghasilkan ), contoh : berutang untuk modal membuka atau mengembangkan usaha. jika kita belum bisa meningkatkan penghasilan, maka pengeluaranlah yang harus diatur sedemikian rupa agar tidak pernah lebih besar daripada penghasilan.

Persoalan mengatur pengeluaran adalah persoalan memahami & membedakan antara kebutuhan dan keinginan. kebutuhan merupakan sesuatu yg prioritas ( utama ) dalam kehidupan yang harus dipenuhi. adapun keinginan adalah bukan sesuatu yg harus dipenuhi, melainkan bisa ditiadakan atau dihindari.

Diperlukan kearifan/kebijaksanaan dalam memandang setiap persoalan keuangan keluarga. termasuk, menyadari adanya konsekuensi ( akibat ) akhirat dari setiap langkah yang akan kita ambil.

Sumber :  Buku "Financial Wisdom"

Karya    :  Eko P. Pratomo














Tidak ada komentar:

Posting Komentar